Puluhan Karya Lukis Seniman Banyuwangi Diborong Kolektor

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 17:55 WIB
Puluhan Karya Lukis Seniman Banyuwangi Diborong Kolektor
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Gelaran Culinary Festival & Art Show digelar para pelukis bersinergi dengan pelaku bisnis pariwisata sukses dilaksanakan. Puluhan lukisan berhasil dikoleksi oleh kolektor. Salah satunya adalah Cabup Ipuk Fiestiandani Azwar Anas. Pasangan Cawabup Sugirah ini, menilai kegiatan yang kolaborasi antara perupa dan pelaku wisata, sangat bagus ditengah pandemi COVID-19 ini.

Ipuk Fiestiandani Azwar Anas memilih satu lukisan Ka'bah, karya dari Estika. Lukisan berukuran 100x120 sentimeter itu diboyongnya untuk menjadi pajangan di rumahnya.

Menurutnya, gelaran Culinary Festival & Art Show yang digagas oleh Langgar Art dan komunitas bisnis hotel di Banyuwangi ini, merupakan bentuk kegiatan yang sangat bagus di tengah pandemi. Kegiatan dengan protokol kesehatan yang ketat ini, mampu memberikan ruang bagi perupa di Banyuwangi untuk terus berkarya.

"Tentu dengan kolaborasi ini bisa menjadi manfaat bagi para perupa untuk terus berkarya. Karya lukis mereka bisa diadopsi oleh kolektor," ujarnya kepada detikcom, Kamis (29/10/2020).

Setiap tahun, kata Ipuk, Pemkab Banyuwangi memberikan fasilitas berupa kegiatan pameran. Namun hal itu perlu ditingkatkan dengan memberikan ruang khusus pamer bagi perupa Banyuwangi. Ruang yang luas ini bisa dimanfaatkan bagi perupa, untuk menyalurkan inspirasi melalui kanvas.

"Tentu kedepan kita bisa siapkan ruang khusus pamer yang tentunya akan bisa menjadi tempat bagi pelukis berkarya ataupun menjual produk mereka. Kolektor juga mudah untuk mencari lukisan. Bahkan kami punya rencana memfasilitasi para pelukis Banyuwangi untuk berpameran di luar kota, seperti di Bali dan Surabaya. Jadi biar pasar pelukis Banyuwangi semakin berkembang," tambahnya.

Selain itu, pihaknya mendorong kolaborasi tak hanya dilakukan dengan pengusaha hotel dan restoran saja. Namun juga dengan destinasi wisata yang ada di Banyuwangi.

Selanjutnya
Halaman
1 2