Okupansi Meningkat, Daop 9 Jember Tambah Operasional KA

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 20:35 WIB
stasiun ketapang banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwang -

Tren okupansi penumpang Kereta Api (KA) Daop 9 menunjukkan peningkatan yang signifikan, sejak beroperasi kembali Juni 2020. Terbaru, peningkatan okupansi Agustus ke September sebesar 12%, meningkat 5.338 pelanggan. Seiring meningkatnya okupansi pelanggan, Daop 9 akan menambah operasional KA.

Rencananya, ada 3 rangkaian KA yang akan beroperasi kembali. Di antaranya KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, dan KA Logawa.

Vice President Daop 9, Agus Barkah Nugraha mengatakan, penambahan perjalanan 3 KA tersebut menambah daftar KA yang beroperasi di bulan November.

"Ada 3 KA yang akan beroperasi di bulan November. Diantaranya KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, dan KA Logawa," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (31/10/2020).

Lebih lanjut, kata Agus, operasional KA tersebut hanya beroperasi pada tanggal tertentu saja. KA Ranggajati dan KA Wijayakusuma pada akhir pekan, sementara KA Logawa operasionalnya setiap Selasa dan Rabu.

"Operasional KA Ranggajati dan KA Wijayakusuma pada akhir pekan, untuk KA Logawa operasionalnya setiap selasa dan rabu," tambahnya.

Berdasarkan data di bulan September, terjadi peningkatan sebesar 36% setiap akhir pekan, meningkat 514 penumpang dibanding hari biasa sebanyak 1.438 pelanggan.

Selama beroperasi, KAI Daop 9 Jember akan mewajibkan para pelanggan untuk mentaati protokol kesehatan. Untuk pelanggan KA jarakjauh, pelanggan diwajibkan menunjukkan dokumen kesehatan berupa rapid-test atau surat bebas gejala influenza, serta menggunakan faceshield selama berada diatas KA hingga tiba di tujuan.

"KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada perjalanan Kereta Api. Tujuannya untuk menjadikan Kereta Api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan," pungkasnya.

(fat/fat)