Bagaimana Julukan Laskar Joko Tingkir untuk Persela Bermula, Begini Ceritanya

Eko Sudjarwo - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 21:53 WIB
makam joko tingkir
Salah satu makam di komplek pemakaman Ki Anggungboyo (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Laskar Joko Tingkir menjadi julukan dari kesebelasan kebanggaan warga Lamongan, Persela. Namun, sedikit yang tahu jika julukan ini masih ada hubungannya dengan sebuah makam di Lamongan.

Ya, ada satu makam di Lamongan yang dipercaya sebagai makam dari Sultan Pajang yang bergelar Sultan Hadiwijaya itu. Makam itu adalah Makam Ki Anggungboyo yang dikenal dan dipercaya sebagai makam Joko Tingkir.

CEO Persela Lamongan Yuhronur Efendi mengakui dirinya sering berziarah ke makam tersebut apabila Persela akan melakoni kompetisi di Liga 1. Hal itu, kata Yuhronur, dilakukan untuk memompa semangat skuat Persela sebelum bertanding.

"Saya sering nyekar ke sini bersama Laskar Joko Tingkir, dengan tujuan minta kepada Allah untuk mendapatkan spirit atau semangat kepahlawanan Joko Tingkir, yakni spirit dalam mengalahkan lawan Persela," ujarnya.

Julukan laskar Joko Tingkir pun, menurut Yuhronur, tidak lepas dari makam yang berada di Desa Pringgoboyo tersebut. Nama Joko Tingkir diharapkan bisa mendongkrak pamor Persela sehingga diputuskan nama Laskar Joko Tingkir sebagai julukan kesebelasan kebanggaan masyarakat Lamongan itu.

"Yaitu spirit atau semangat kepahlawanan Joko Tingkir dalam berjuang. Karena dalam cerita, Joko Tingkir atau Mas Karebet konon adalah seorang muda yang menegakkan kebenaran selama dalam petualangan dan tindak spiritualnya," jelasnya.

Seperti diketahui, salah satu makam di Lamongan, tepatnya di Desa Pringgoboyo, Kecamatan Maduran dikenal sebagai makam Joko Tingkir. Makam ini dikenal sebagai makam Joko Tingkir usai dikunjungi oleh mantan presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Makam Ki Anggungboyo atau yang kini lebih dikenal sebagai makam Joko Tingkir ini merupakan peninggalan sejarah.

(iwd/iwd)