Usai Viral, Warga Surabaya yang Berbagi Makanan Gratis Kebanjiran Sumbangan

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 17:08 WIB
viral bagi makanan gratis
Warga antre untuk makanan gratis (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Video keluarga yang sedang berbagi makanan gratis kepada warga dan pengguna jalan di Surabaya viral di media sosial. Setiyono (54) alias Yoni adalah sosok kepala keluarga dibalik pembagian makanan gratis itu.

Yoni mengaku sejak videonya viral, ia dan keluarganya juga kebanjiran sumbangan dari warga lainnya. Adapun sumbangan yang diterimanya mulai dari sembako maupun uang.

"Setiap hari alhamdulillah, banyak yang nyumbang. Ada saja orang yang datang ke sini nyumbang ya sembako, telor, minuman, beras, mie ada juga yang duit ada juga makanan yang sudah masak," ungkap Yoni saat ditemui detikcom, Rabu (28/10/2020).

Yoni mengaku aksi pembagian makanan gratis itu dilakukan karena memang dirinya juga penjual nasi. Namun ia tak lupa juga untuk berbagi kepada siapa saja yang membutuhkan makanan gratis.

"Saya memang penjual makanan. Warung saya ada di rumah dijaga anak saya. Tapi saya juga berbagi makanan gratis di sini (Jalan Kesung Sari)," tutur Yoni.

Menurut Yoni, dari hasil jualan nasi itu, ia dan keluarganya menyisihkan sebagian penghasilannya untuk berbagi makanan gratis. Sebab, ia tidak bisa mengandalkan dari hasil sumbangan orang semata namun juga dari uangnya sendiri.

"Kan orang yang memberi itu gak mesti juga. Makanya saya tetap jualan. Dan hasilnya saya pakai sebagian untuk bagi-bagi ini," ujar bapak 11 anak itu.

Pada awal-awal berbagi makanan gratis, terang Yoni, dalam sehari membagikan 50 porsi. Namun karena banyaknya sumbangan yang ia terima, saat ini ditambah sekitar 150 porsi.

"Kalau sekarang 150 porsi. Karena sering dapat bantuan. Awalnya mulai dari 50 porsi terus 100 porsi. Dan ini bertahan sampai sekarang. Karena kemampuan saya cuma ini," terang Yoni.

Selanjutnya
Halaman
1 2