Viral Warga Surabaya Berbagi Makanan Gratis Setiap Hari

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 15:39 WIB
viral bagi makanan gratis
Foto: Amir Baihaqi
Surabaya -

Video keluarga yang sedang berbagi makanan gratis kepada warga dan pengguna jalan di Surabaya viral di media sosial. Video berdurasi 49 detik itu banyak mendapat tanggapan positif dari netizen.

Dalam caption video, Pak Yoni dan keluarganya merupakan sosok yang membagikan makanan gratis tersebut sejak sebulan terakhir. Pembagian makanan gratis tersebut dilakukan setiap hari Senin hingga Jumat dan dibuka sejak pukul 11.00 WIB di sekitar Jalan Kedungsari.

"Seng kudu diviralno dan dibantu. Kurang luwih 1 wulanan iki Pak Yoni bareng keluargane bagi-bagi 100 porsi makanan gratis saben dinone mulai jam 11.00 awan nang sekitar Jalan Kedung Sari," tulis caption video yang diunggah di akun Instagram Asli Suroboyo seperti dilihat detikcom, Rabu (28/10/2020).

"Awale Pak Yoni nggawe biaya dewe gawe bagi-bagi makanan gratis iki, tapi mari ngunu akeh sing melok nyumbang mulai duwik, nyumbang sayur, nyumbang ngombe dll," tambah caption video.

viral bagi makanan gratisada 100 porsi makanan yang dibagikan gratis setiap hari (Foto: Amir Baihaqi)

Sejak diunggah 5 hari yang lalu, video tersebut telah tayang sebanyak 395.650 kali. Tak hanya itu, video juga telah mendapat 1.512 komentar yang rata-rata menanggapi positif apa yang dilakukan Pak Yoni dan keluarganya.

Detikcom kemudian mendatangi lokasi pembagian makanan gratis di Jalan Kedung Sari. Di situ tampak antrean panjang orang yang menunggu giliran jatah makanan gratis yang dibagikan Pak Yoni fan keluarganya.

Setiyono (54) alias Yoni kemudian menuturkan bahwa aksinya membagikan makanan gratis kepada masyarakat itu sudah dimulai sejak awal September lalu. Adapun alasannya hanya ingin berbagi semata di tengah masa pandemi COVID-19.

"Mulai awal September. Ya sebetulnya gak ada alasan apa-apa. Ya pingin saja berbagi dalam keterbatasan saya. Jadi ini yang bisa kita lakukan untuk orang lain. Cuma itu," tutur Yoni kepada detikcom.

Yoni juga membenarkan, pembagian makanan gratis itu dari hari Senin hingga Jumat dan dibuka mulai pukul 11.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu serta hari besar libur.

"Iya benar, baginya hari Senin sampai hari Jumat. Kalau Sabtu dan Minggu dan hari besar libur," tandas Yoni.

(iwd/iwd)