Libur Panjang Hari Pertama, Ratusan Pengunjung Datangi KBS

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 13:52 WIB
kebun binatang surabaya
Tidak ada kerumunan di dalam Kebun Binatang Surabaya (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Hari pertama libur panjang, sudah ratusan pengunjung yang menyerbu Kebun Binatang Surabaya (KBS). Mereka datang baik sendiri maupun bersama rombongan, keluarga dan kerabat.

Dari pantauan detikcom, di pintu masuk KBS pengunjung tidak terlihat berjubel. Mereka antre masuk melewati protokol kesehatan yang ada. Kondisi sama juga terlihat di dalam yang juga tidak ada kerumunan di suatu titik.

"Sekitar 800-an sampai pukul 13.00 WIB. Kan sudah mulai libur panjang dan pasti ada puncak kunjungan, jadi tidak menumpuk hari ini, menyebar," kata Humas KBS Agus Supangkat kepada detikcom di KBS, Rabu (28/10/2020).

Agus memprediksi puncak pengunjung saat long weekend ada pada akhir pekan. Tetapi untuk jumlah wisatawan hari ini masih sama dengan jadwal.

"Puncaknya mungkin Minggu tanggal 1. Senin sampai Kamis 1.500 pengunjung, Jumat 500, Sabtu dan Minggu termasuk libur nasional bisa 3.000," ujar Agus.

Meski hari ini termasuk libur nasional, namun kuota yang diberikan tidak sampai 3.000. Selama long weekend ini diperkirakan ada 6 ribu lebih wisatawan.

"Hari ini ndak sampai 3.000 karena menyebar kunjungannya, Rabu sampai Sabtu 1.000an per hari, total 4 ribuan, Minggu 2 ribuan. Selama long weekend bisa 6 ribu ke atas," jelas Agus.

Selain itu, sebelum mengunjungi KBS, masyarakat wajib mengantongi persyaratan. Yakni usia di bawah 5 tahun dan tinggi di bawah 100 cm dilarang masuk, termasuk ibu hamil dan lansia 60 tahun ke atas.

"Usia 5 tahun belum boleh, di depan kita saring dulu, ibu hamil dan usia lanjut 60 tahun belum bisa. Ini perlu diingat, kadang ada yang kecelik," pungkas Agus.

(iwd/iwd)