Ada Lebih 30 Titik Longsor di Trenggalek, Akses Jalan Antar Kecamatan Tertutup

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 11:57 WIB
Rentetan Bencana Trenggalek, Satu Dusun 30 Titik Longsor
Longsor di Kecamatan Munjungan menutup akses jalan (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)

Mei mengaku, Dusun Gembes merupakan salah satu wilayah yang terkena bencana longsor paling parah selama beberapa hari terakhir. Dari data sementara di Dusun Gembes saja terdapat 30 titik longsor, sebagian besar menimpa rumah penduduk.

"Hari pertama itu ada 18 titik, kemudian hari kedua bertambah menjadi sekitar 30-an titik. Kalau yang longsor kecil tidak kami hitung," ujarnya.

Bahkan, lanjut dia, terdapat lima rumah warga yang mengalami kerusakan parah akibat hantaman material tanah longsor. Salah satunya di rumah Imam Junaidi, bagian dapur rumahnya hancur diterjang longsor.

"Kemudian ada juga yang temboknya jebol, yang retak-retak juga ada. Saat ini kami masih melakukan pendataan lagi terkait dampak longsor ini," tambahnya.

Sementara itu pemilik rumah yang tertimpa longsor, Imam Junaidi, mengaku bencana yang menimpa rumahnya tersebut terjadi pada malam hari. Saat itu ia mendengar suara gemuruh mirip gempa bumi.

"Itu sekitar jam 10 malam, ada suara seperti gempa, setelah saya tengok ternyata longsor dari tebing di belakang rumah timpa rumah saya. Dapur jebol dan atap hancur kena pohon durian," kata Imam.

Akibat longsor tersebut dapur rumahnya masih belum bisa difungsikan, selain itu Ia dan keluarganya terpaksa mengungsi ke rumah orang tuanya, karena takut terjadi longsor susulan.

"Di bagian rumah itu ada retak-retak, sehingga sekarang mengungsi ke rumah orang tua dulu," ujarnya.

Halaman

(fat/fat)