Ada Lebih 30 Titik Longsor di Trenggalek, Akses Jalan Antar Kecamatan Tertutup

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 11:57 WIB
Rentetan Bencana Trenggalek, Satu Dusun 30 Titik Longsor
Longsor di Kecamatan Munjungan menutup akses jalan (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Rentetan bencana banjir dan tanah longsor berdampak luas terhadap masyarakat di Kecamatan Munjungan, Trenggalek. Akses antar kecamatan hingga kini masih tertimbun material longsor.

Bahkan di Dusun Gembes, Desa Masaran, Kecamatan Munjungan saja, jumlah titik longsor mencapai lebih dari 30 titik. Kini warga saling bergotong royong membersihkan material longsor.

Kepala Dusun Gembes, Mei Wahyudin, mengatakan di jalur utama antara kecamatan, yang menghubungkan Kecamatan Munjungan dengan Kecamatan Dongko terdapat dua titik longsor besar dan menutup badan jalan.

"Untuk yang utara ini menutup total jalan, kalau titik yang selatan masih bisa dilalui sepeda motor. Selain itu juga merusak jaringan listrik PLN," kata Mei Wahyudin, Rabu (28/10/2020).

Akibat timbunan material longsor tersebut akses masyarakat dari Munjungan ke arah Dongko melalui jalur utama terputus total. Warga harus beralih jalur alternatif yang kondisinya curam dan memutar lebih jauh.

"Ada satu jalur alternatif, tapi kalau pendatang atau bukan orang sini sulit, curam sekali," ujarnya.

Saat ini alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Trenggalek diterjunkan ke lokasi untuk mengevakuasi dua titik longsor tersebut. Ditargetkan proses pembersihan akan tuntas hari ini.

"Ini masih alat berat masih mengerjakan pembersihan longsor di titik satu, nanti kalau sudah selesai langsung ke titik kedua. Insyaallah hari ini tuntas," ujarnya.

Tonton video 'Empat Hari Warga Mamasa Terisolir Akibat Longsor':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2