Maulid Nabi Bawa Berkah Bagi Perajin Batik Sidoarjo di Masa Pandemi

Suparno - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 11:22 WIB
Perayaan Maulid Nabi kerap membawa berkah lebih bagi para pengusaha maupun pedagang pakaian. Itu juga dirasakan perajin batik di Kampung Batik Jetis, Sidoarjo.
Perajin batik di Sidoarjo/Foto: Suparno

Renaldi menyampaikan, karena pesanan meningkat, pihaknya juga memanggil tenaga kerja yang sebelumnya dirumahkan karena pandemi COVID-19. Menurutnya, produksi batik tulis biasanya meningkat saat Ramadhan dan Maulud Nabi.

"Karena ada peningkatan pesanan maka tenaga membatik yang kemarin diliburkan, kembali kami ajak untuk bekerja lagi. Saat ini ada sekitar 25 tenaga untuk membatik," tambah Renaldi.



Mereka sedang menyelesaikan pesanan kain batik tulis bercorak udeng, yang telah dipesan jelang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kain batik Renaldi di Kampung Batik Jetis Sidoarjo dikenal memiliki daya tahan tinggi, kain yang baik, serta warna batik tulisnya yang tak mudah luntur.

Di Bulan Oktober ini, Renaldi mampu menghasilkan lebih dari 100 potong batik tulis per minggu. Harganya mulai dari Rp 150 ribu hingga lebih dari Rp 1 juta per potongnya.

"Alhamdulillah Mas, meskipun masih di masa pandemi COVID-19, hasil omzet dalam seminggu ini sekitar puluhan juta Rupiah," pungkas Renaldi.

Halaman

(sun/bdh)