Sekdaprov Jatim Buka Pameran Lukisan Virtual yang Diikuti 83 Pelukis

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 00:56 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahyono membuka pameran lukisan secara virtual. Pameran lukisan ini diikuti puluhan pelukis Jawa Timur.
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono/Foto: Istimewa
Surabaya -

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahyono membuka pameran lukisan secara virtual. Pameran lukisan ini diikuti puluhan pelukis Jawa Timur.

Meski pamerannya digelar secara virtual, upacara pembukaan diselenggarakan gabungan antara offline dan online. Pembukaan diselenggarakan di Taman Budaya Jatim, Jalan Genteng Kali Surabaya, dengan audiens yang hadir secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Pameran lukisan secara virtual bertajuk 'Harmoni Seni Rupa Jawa Timur' ini diselenggarakan untuk memeriahkan HUT ke-75 Provinsi Jawa Timur, yang jatuh pada 12 Oktober. Pameran diikuti 83 pelukis yang berasal dari hampir semua wilayah di Jatim, bekerja sama dengan situs khusus untuk lukisan, pasarlukisan.com.

Masing-masing pelukis mengirimkan satu karya yang diseleksi dan diverifikasi oleh satu tim yang terdiri dari tiga orang. Masing-masing Agus Koecink (Surabaya), Wahyu Nugroho (Pasuruan) dan Syarifudin dari Malang.

Heru Tjahyono, Sekdaprov Jatim dalam sambutannya mengatakan, meskipun ruang menjadi sempit akibat pandemi, tetapi Pemprov Jatim tetap mencarikan ruang bagi para seniman. Khususnya para pelukis untuk tetap berekspresi melalui pameran secara virtual.

"Tetapi pameran secara virtual ini diperlukan hanya untuk menginformasikan kepada masyarakat luas, menginformasikan kepada pasar yang lebih luas. Karena kesan orang tentu berbeda melihat lukisan melalui handphone, dengan melihat lukisan secara aslinya. Kalau kita melihat lukisan secara fisik, kita akan mendapatkan rasa dan misteri dari lukisan tersebut. Karena itu nantinya diperlukan inovasi-inovasi lagi, misalnya pameran lukisan secara outdoor, di tempat terbuka, agar tetap dapat menerapkan protokol kesehatan," kata Heru, seperti dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (27/10/2020) malam.

Selanjutnya
Halaman
1 2