Mengapa Waria di Madiun Ini ke Pasar Berdandan Ala Sinden?

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 16:15 WIB
Seorang waria di Madiun punya cara unik untuk menarik perhatian. Ia belanja ke pasar tradisional mengenakan kebaya, sanggul dan make up ala sinden.
Waria di Madiun, Manohara (kaus merah)/Foto: Sugeng Harianto
Madiun -

Waria di Madiun ke pasar tradisional mengenakan kebaya, sanggul dan make up ala sinden. Ada maksud tersirat dari aksi tersebut.

Ia bernama Zainul Ahmad Fanani, warga Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Namun sinden ini lebih senang disebut Manohara.

Kepada detikcom, ia mengaku sengaja berbelanja mengenakan kebaya, sanggul dan make up ala sinden. Menurutnya itu sebagai aksi unjuk rasa. Sebagai demo positif mewakili pekerja seni yang terdampak pandemi COVID-19.

"Hahaha, karena apa yo Mas. Ini bentuk demo. Demo dalam arti positif seperti itu. Semoga pemerintah kota dan kabupaten Madiun memikirkan pekerja seni koyo to (seperti) pengrawit, sinden sepuh (tua) senior campursari, electone, reog, jaranan. Itu karya seni Jawa yang perlu dilestarikan. Karena Corona ini atau opa ini watuk pilek (flu)," ujar Manohara kepada detikcom, Selasa (27/10/2020).

Ia yang lahir 1991 itu mengaku bersyukur, sebab di tengah pandemi COVID-19, sebagai pekerja seni dirinya bisa bertahan dengan menjadi YouTuber. "Mulai Bulan Maret sampai sekarang Oktober tidak ada pemasukan sama sekali. Kan pekerja seni musiman. Alhamdulillah jadi YouTuber diterima dapat gaji lumayan," ungkapnya.

Ia juga mengaku sudah mulai menerima job merias untuk acara pernikahan. "Alhamdulillah mulai ada meski hanya merias saja untuk temanten yang nikah, disyukuri," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2