Cegah IIlegal Logging, Perhutani MoU dengan Polisi Tuban

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 16:05 WIB
polres tuban
MoU Polres Tuban dan Perhutani (Foto: Ainur Rofiq)
Tuban -

Polisi dan Perhutani di Tuban menandatangani MoU tentang perlindungan hutan. Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan untuk meningkatkan pengamanan dan pelestarian hutan jati di Tuban.

Penandatanganan di gedung Sanika Satyawada itu dilakukan oleh beberapa kepala KPH di wilayah Tuban, di antaranya KPH Parengan, KPH Jatirogo KPH Tuban serta Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono.

Ruruh mengatakan penandatanganan MoU ini sebagai pedoman bagi stakeholders dalam rangka perlindungan hutan, mencegah illegal logging, dan untuk meningkatkan koordinasi serta kerja sama antara Polres Tuban dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) yang ada di Tuban.

"Kami berharap dengan sinergi ini dapat menjaga hutan di wilayah Tuban agar tetap lestari dan bermanfaat bagi masyarakat. Semoga dengan penandatanganan MoU ini ke depan kerjasama yang sudah baik antara Polres Tuban dengan Perhutani bisa semakin solid pula," ujar Ruruh, Selasa (27/10/2020).

Ruruh menekankan agar para kapolsek jajaran yang memiliki kawasan hutan di wilayahnya untuk membantu pengamanan serta pendampingan dalam penanganan permasalahan hutan.

"Tingkatkan kegiatan patroli bersama anggota Polsek baik siang maupun malam untuk mengantisipasi para pelaku pencurian kayu, walaupun pelaku pencurian perorangan bisa jadi mereka terkoordinasi dan terorganisir, ada yang menggerakkan," tambah Ruruh

Sementara itu Administrator KPH Tuban Tulus Budiadi berterimakasih kepada Polres Tuban atas dukungan dan kerjasamanya selama ini.

"Kita sampaikan apresiasi kepada Kapolres Tuban atas dukungan dan kerjasamanya. Semoga ke depannya bisa terus sinergi dan tetap solid, Kerja sama ini akan mendorong kami untuk lebih giat lagi dalam mengamankan hutan, dengan mengedepankan pembinaan terhadap masyarakat, sehingga bisa memutus tindak pencurian kayu," jelas Administrator KPH Tuban Tulus Budiadi.

(iwd/iwd)