Meski Digelar Virtual, Jemaah Tetap Padati Haul KH Abdul Hamid Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 16:40 WIB
Jemaah Padati Haul KH Abdul Hamid Pasuruan Meski Digelar Virtual
Haul Kiai Hamid Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Haul ke-39 KH Abdul Hamid Pasuruan digelar virtual. Namun, ribuan jemaah tetap mendatangi acara. Di area Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah yang merupakan pusat acara, dibatasi 1.000 jemaah.

Sementara di luar area ponpes seperti di kawasan alun-alun dan Masjid Agung Al-Anwar dipenuhi jemaah. Petugas gabungan polisi, TNI, Satpol PP dan Dinkes berkeliling berusaha memastikan para jemaah menggunakan masker. Para jemaah patuh memakai masker.

Berdasarkan pengamatan, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, jumlah jemaah haul berkurang. Jalan Hasyim Wachid dan Jalan KH Abdul Hamid (Jalan Jawa) terlihat longgar, padahal tahun-tahun sebelumnya dipenuhi jemaah. Gang-gang masuk ke area ponpes yang biasanya dipadati jemaah, terlihat longgar.

"Di area pondok itu khusus undangan. Undangan di area pondok dibatasi 1.000 orang, tapi disiapkan tempat 3.000. Berdasarkan laporan panitia ada sekitar 4.000 jemaah di lingkungan pondok. Pemkot memfasilitasi agar tetap memenuhi protokol kesehatan, semuanya memakai masker," kata Kadis Kominfo Pemkot Pasuruan Kokoh Arie Hidayat, Senin (26/10/2020).

Sementara jemaah di luar ponpes, kata Kokoh, memang sulit diantisipasi. Mereka, kata Kokoh, sebagian besar dari luar kota yang tak terjangkau sosialisasi haul virtual atau mengetahui tapi tetap datang.

"Kalau di luar susah dikendalikan. Orang ziarah, jemaah haul kan sulit untuk diantisipasi. Kemarin sudah kita antisipasi itu, namun susah. Sebagian besar yang di luar itu orang luar kota, kalau orang dalam kota rata-rata di masjid-masjid yang disiapkan," terang Kokoh.

Salah satu jemaah asal Lumajang mengaku tak tahu haul digelar virtual. Ia sudah datang sejak dini hari. "Sekalian sambang cucu yang mondok di sini sekaligus ziarah," kata perempuan paruh baya itu.

Acara haul itu sendiri dimulai pukul 07.00 WIB. Rangkaian acara diawali pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan-sambutan antara lain dari tuan rumah KH Idris bin Abdul Hamid dan sambutan Wakil Presiden RI KH Maruf Amin secara virtual. Kemudian ceramah agama oleh KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) secara virtual dan KH Ahmad Bahauddin Nur Salim (Gus Baha), dilanjutkan pembacaan yasin dan tahlil.

(fat/fat)