Polisi Antisipasi Jalur Rawan Macet dan Bencana di Jatim Jelang Libur Panjang

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 13:37 WIB
apel pengamanan liburan panjang
Apel pengamanan liburan panjang (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)

Di kesempatan yang sama, Didit mengatakan para personel di lapangan akan selalu aktif mengingatkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Didit tak ingin adanya long weekend akan menimbulkan penularan COVID-19.

"Di samping itu, kita juga senantiasa melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat. Jangan sampai liburan panjang menjadi salah satu penularan COVID-19," ujar Didit.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Jatim juga telah menjalankan program operasi razia pelanggaran protokol kesehatan dan lalu lintas. Hal ini untuk menekan angka kecelakaan dan angka penularan COVID-19.

"Dalam razia atau tindakan preventif yang kita lakukan cukup efektif dalam menurunkan angka kecelakaan di Jatim. Nantinya, razia juga akan tetap dilakukan," tambah Didit.

Didit pun mengimbau masyarakat senantiasa disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan dan rambu-rambu lalu lintas. Menurut Didit, kedisiplinan merupakan vaksin virus Corona.

Tak hanya itu, Didit berharap liburan panjang tak membuat masyarakat berbondong-bondong liburan. Namun, dia ingin masyarakat tetap di rumah saja jika tak ada keperluan penting, agar penyebaran COVID-19 di Jatim bisa menurun.

"Imbauannya pada masyarakat, keselamatan merupakan yang utama. Itu adalah tugas kepolisian untuk memberikan perlindungan, pelayanan dan mengayomi masyarakat agar tetap selamat di jalan. Kedua, karena disiplin adalah vaksin. Jangan sampai liburan panjang menjadi klaster baru penyebaran COVID-19. Kita harus bisa menurunkan penularan COVID-19 di Jawa Timur," pesannya.

Halaman

(hil/iwd)