Sekilas Jatim: Nenek Dipukuli Wanita Muda-Bocah SD Ditenggelamkan Teman

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 21:14 WIB
viral nenek dipukuli
Seorang nenek yang viral dipukuli seorang wanita muda di Malang/Foto: Tangkapan layar

Bukan Tenggelam, Bocah SD yang Tewas di Jombang Dibunuh Teman Sendiri

Alfian Rizky Pratama (12) tewas ditenggelamkan temannya sendiri, di sungai wisata Kedung Cinet, Kabupaten Jombang. Saat ini pelaku pembunuhan ditahan di Rutan Polres Jombang.

Alfian berkunjung ke wisata Kedung Cinet di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Jombang pada Rabu (21/10) sekitar pukul 11.30 WIB. Kedua teman korban yakni AHR (16), warga Desa Sambong Dukuh, Kecamatan Jombang dan M Addin (17), warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang.

Bocah kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) warga Desa Sambong Dukuh itu tewas tenggelam di Sungai Kedung Cinet. Polisi pun menyelidiki penyebab Alfian tercebur ke cekungan di sungai tersebut.

"Kami lakukan penyelidikan selama satu hari. Kami bisa menemukan pelakunya. Yaitu teman dekat sekaligus tetangga dekat korban. Keterangan saksi, korban didorong pelaku ke sungai hingga tenggelam," kata Kapolsek Plandaan AKP Akwan saat pembongkaran makam Alfian, di pemakaman umum Desa Sambong Dukuh, Jumat (23/10/2020).

Ia menjelaskan, saat ini pelaku berinisial AHR ditahan di Rutan Polres Jombang. Sedangkan M Addin, teman korban satunya berstatus sebagai saksi.

Kasus ini telah dilimpahkan ke Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA). Namun, polisi masih mendalami motif pelajar kelas XI Madrasah Aliyah (MA) itu tega menghabisi tetangga dekatnya sendiri.

"Karena pelaku di bawah umur, permasalahan ini kami limpahkan ke PPA," terang Akwan.

Sebelumnya, Alfian disebut tewas tenggelam di sungai wisata Kedung Cinet saat berswafoto. Sehingga jenazahnya langsung diserahkan ke keluarganya untuk dimakamkan.

Setelah melakukan penyelidikan, polisi menemukan fakta Alfian sengaja ditenggelamkan oleh teman sekaligus tetangga dekatnya berinisial AHR (16). Oleh sebab itu, makam korban dibongkar pagi tadi. Jenazah bocah kelas 6 SD itu diautopsi tim dokter forensik RS Bhayangkara Kediri di pemakaman umum Desa Sambong Dukuh.

Halaman

(sun/bdh)