Sekilas Jatim: Yusuf Mansur Kenang Kiai Syukri-Kakak di Sumenep Setubuhi Adik Tiri

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 20:40 WIB
ponpes gontor
Yusuf Mansur ikut mengantarkan Kiai Syukri ke tempat peristirahatan terakhirnya/Foto: Charoline Pebrianti
Surabaya -

Ada beberapa berita di Jatim yang hari ini jadi perhatian pembaca. Seperti soal Yusuf Mansur mengenang Kiai Syukri, hingga seorang kakak di Sumenep menyetubuhi adik tiri.

Berikut rangkuman beritanya:

Yusuf Mansur Mengenang Kiai Syukri: Beliau Bukan Cuma Guru, Melainkan Ayah

Meninggalnya salah satu pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Ponorogo KH Abdullah Syukri Zarkasyi membawa kesedihan tersendiri bagi Ustaz Yusuf Mansur. Yusuf Mansur menyempatkan diri melayat ke Ponorogo. Selain ikut salat jenazah, Yusuf Mansur pun juga ikut mengantarkan Kiai Syukri ke tempat peristirahatan terakhirnya.

"Beliau bukan cuma guru ataupun ustaz, melainkan ayah bagi yang sudah bersentuhan dengan beliau," tutur Yusuf Mansur kepada wartawan, Kamis (22/10/2020).

Yusuf Mansur pun mengingat bagaimana pesan Kiai Syukri kepada dirinya. Jika ada santri yang lebih pintar dari kiai-nya maka kiai tersebut harus bangga sebab berhasil mendidik santri hingga berhasil.

"Beliau pernah bilang ke saya, kiai itu harus senang kalau murid atau santrinya bisa lebih dari kiainya, itu artinya berhasil," terang Yusuf Mansur.

Yusuf Mansur pun mengenal sosok Kiai Syukri sebagai sosok yang inspiratif. Sebab, selalu meledak-ledak saat berbicara soal impian dan cita-cita. "Beliau orang yang selalu membawa kesenangan dan kegembiraan, semangat gitu lho orangnya," ujar Yusuf Mansur.

Kiai Syukri pun pernah berpesan untuk selalu membaca Al-Qur'an, sebab dari bacaan tersebut bisa menjelma menjadi malaikat yang akan menyenangkan dan membuat kita tenang di alam kubur.

Di bawah kepimpinan kiai Syukri, Ponpes Gontor mampu berdiri sendiri secara ekonomi. Pemberdayaan ekonomi diberdayakan secara maksimal.

"Karena keyakinan beliau, nggak pernah tangan di bawah, Gontor selalu pemberdayaan ekonomi lebih baik tangan di atas. Pondok jadikan dirinya sebagai kekuatan santri dan alumni," pungkas Yusuf Mansur.

Lihat juga video 'Pria di Mamasa Cabuli Anak Angkatnya Saat Istri Tak di Rumah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3