Rumah Sakit Rujukan di Banyuwangi Dapat Bantuan Penanganan COVID-19

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 20:01 WIB
rs rujukan dapat bantuan usaid
RS rujukan dapat bantuan Usaid (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Berbagai upaya mencegah dan mengobati pasien COVID-19 di Banyuwangi dilakukan terus oleh rumah sakit rujukan. Bantuan juga mengalir kepada rumah sakit rujukan yang diterima untuk perawatan pasien COVID-19. Salah satunya adalah bantuan dari Badan Pembangunan Internasional AS (USAID).

Salah satu rumah sakit rujukan di Banyuwangi, Rumah Sakit Islam (RSI) Fatimah Banyuwangi, telah menangani 200 lebih pasien positif COVID-19.

"Saat ini ada 20 pasien positif yang kami rawat saat ini. Jika total pasien confirm dan probabel sekitar 200 pesen selama 7 bulan ini," ujar dr Widowati Sp.An Ketua Satgas COVID-19 RSI Fatimah Banyuwangi, kepada detikcom, Kamis (22/10/2020).

RSI Fatimah memiliki 2 ruangan isolasi COVID-19 dengan 22 tempat tidur. Saat ini keterisian rata-rata mencapai 90 persen. Rencananya, ruang isolasi pasien COVID-19 akan ditambah lagi sesuai dengan kapasitas.

"Akan kami tambah menjadi 24 bed. Ini sesuai dengan kapasitas yang kami mampu," tambahnya.

Saat ini, kata Widowati, selain dari pemerintah pusat, Kabupaten hingga BNBP telah memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) dan peralatan pendukung penanganan pasien COVID-19, RSI Fatimah mendapatkan bantuan dari Badan Pembangunan Internasional AS (USAID).

Bantuan ini masuk dalam program 'Mentari COVID-19' yang dilaksanakan oleh MPKU PP Muhammadiyah dengan didukung oleh USAID untuk menjalankan kesiapsiagaan dan meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan terkait penanganan Covid-19 di 30 Rumah Sakit Muhammadiyah/Aisyiyah (RSMA) di 7 Propinsi sesuai dengan pedoman nasional dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Selanjutnya
Halaman
1 2