DKPP Gelar Sidang Etik 9 Penyelenggara Pemilu di Surabaya

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 19:13 WIB
DKPP Gelar Sidang Etik 9 Penyelenggara Pemilu di Surabaya
Foto: Amir Baihaqi
Surabaya -

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik terhadap anggota KPU dan Bawaslu Surabaya. Sidang digelar untuk memeriksa keterangan dugaan pelanggaran yang diadukan oleh Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jawa Timur.

Sidang kode etik digelar di kantor Bawaslu Jatim di Jalan Tanggulangin dihadiri 9 teradu dan pengadu dari KIPP. 9 Teradu itu yakni 4 orang dari KPU dan 5 orang dari Bawaslu Kota Surabaya.

Sedangkan majelis yang hadir antara lain Ketua DKPP sekaligus majelis Muhammad. Serta tiga anggota majelis yakni Eka Rahmawati, Abdul Chalik serta Rochani.

Ketua Majelis DKPP Muhammad mengatakan dalam sidang ini, pihaknya mendengarkan dan memeriksa keterangan 9 teradu atas dugaan pelanggaran yang diadukan KIPP. Pelanggaran yang diadukan yakni terkait proses verifikasi dan administrasi bakal calon perseorangan.

"Memeriksa dan kita sudah mengikuti proses sidang terhadap KPU dan Bawaslu Surabaya yang diadukan oleh KIPP Jawa Timur terkait dengan porses verifikasi dan administrasi bakal pasangan calon perseorangan," ujar Muhammad usai sidang, Kamis (22/10/2020).

"Pengadu mendalilkan bahwa ada proses yang tidak cermat yang dilakukan oleh KPU dan ada fungsi-fungsi pengawasan yang tidak dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Surabaya," tambah Muhammad.

Dalam sidang ini, terang Muhammad, fakta-fakta yang dari teradu sudah disampaikan untuk menjawab aduan yang diadukan. Tak hanya mendengarkan keterangan dari teradu, sidang juga menghadirkan sejumlah saksi dari pengadu dan pihak teradu.

Simak juga video 'Momen Risma Berkaca-kaca Saat Aset Pemkotnya Kembali':

[Gambas:Video 20detik]