Besek dari Bambu Bikinan Pasutri Probolinggo Ini Laris Jelang Maulid Nabi

M Rofiq - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 09:01 WIB
besek dari anyaman bambu disulap jadi barang bernilai tinggi
Besek dari bambu (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

Besek atau wadah dari bambu yang tidak memiliki harga jual tinggi, disulap pasutri Kota Probolinggo menjadi barang menarik. Hasilnya, Heru Mianto dan Wahyuni Triastutik meraup untung jutaan rupiah.

Warga Gang Perumnas Mastrip, Kelurahan Jrebeng Wetan, Kelurahan Kedopok, Kota Probolinggo ini, mengecat warna-warni besek sedemikian rupa. Tak hanya itu, mereka juga memodifikasi dengan pernak-pernik yang cantik. Pesanan semakin ramai menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Pesanan pun diminati baik lokal maupun luar kota. Kebanyakan pemesanan via online merambah wilayah Mataraman.

Proses pengerjaan besek atau wadah yang biasa dibuat kemasan tempat tape dimodifikasi agar lebih menarik. Memodikasi besek ini sangatlah sederhana.

"Langkah pertama merendam besek dengan air jernih selama 10 menit. Selanjutnya besek diangkat dan direndam di dalam air mendidih yang sudah tercampur wanter atau pewarna kain," ujar Heru kepada detikcom, Rabu (21/10/2020).

Semakin banyak pewarna yang dimasukkan, membuat warna besek semakin terlihat bagus dan terang. Setelah warna tercampur rata, baru besek-besek selanjutnya dijemur hingga benar-benar kering, agar kuat dan tahan lama.

"Setelah itu, baru memberi berbagai pernak-pernik hiasan, seperti pita. Agar besek semakin cantik dan hiasan lainnya, agar terlihat lucu dan menarik dilihat," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2