Dinas Pertanian Banyuwangi Bagi-bagi Bibit Pangan dan Sayuran

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 20:16 WIB
Banyuwangi Bagi-bagi Bibit Pangan dan Sayuran
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi mendorong warga memenuhi kebutuhan pangan harian dengan memanfaatkan pekarangan rumah (Family farming). Ratusan wanita kelompok tani mendapatkan bantuan benih tanaman pangan dan sayuran untuk ditanam di halaman rumahnya.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pertanian Arief Setiawan di Agro Wisata Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, bersamaan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia, Senin (19/10/2020). Saat itu diserahkan bibit kepada 50 wanita kelompok tani di sekitar Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah.

Arief Setyawan mengatakan lewat program family farming pihaknya telah membagikan bantuan berupa benih padi, jagung, dan sayuran kepada para ibu-ibu kelompok wanita tani. Ada 450 ibu rumah tangga pra sejahtera mendapatkan bantuan ini.

"Setiap penerima mendapatkan 1 kg benih padi, 2,5 ons benih jagung, dan 150 kantong polybag. Semua bibit tadi siap tanam, karena di bibitnya sudah kami campur dengan pupuk. Mereka kami minta menanam di area pekarangan rumahnya, harapannya bisa untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarganya," kata Arief kepada detikcom, Senin (19/10/2020).

Selanjutnya, mulai besok, setiap Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se-Banyuwangi akan menyerahkan bantuan yang sama kepada para kelompok wanita tani di wilayahnya.

"Selain benih, kami juga berikan polibag dan media tanam. Kami juga latih mereka secara berkala tentang bertanam di pekarangan rumah," kata Arief.

Selanjutnya
Halaman
1 2