Rumah di Surabaya Ludes Terbakar, Namun Al-Qur'an Ini Utuh

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 13:46 WIB
Tiga rumah di Jalan Dapuan Tegal IX Surabaya terbakar. Dalam salah satu rumah yang ludes terbakar, ditemukan Al-Quran yang masih utuh.
Al-Qur'an utuh dalam kebakaran di Surabaya/Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Tiga rumah di Jalan Dapuan Tegal IX Surabaya terbakar. Dalam salah satu rumah yang ludes terbakar, ditemukan Al-Qur'an utuh.

Kitab umat Islam itu berada di rumah milik Suwardji. Pantauan detikcom di lokasi, Al-Qur'an tersebut berada di rak lemari yang terbakar. Saat tetangga korban membersihkan tumpukan buku yang terbakar, ditemukan Al-Qur'an tersebut.

"Tadi di bawah rak lemari itu, lainnya terbakar, ada beberapa yang tidak terbakar. Salah satunya Al-Qur'an ini," kata tetangga korban, Tari, Minggu (18/10/2020).

Saat ditemukan, Tari mengaku, kondisi Al-Qur'an masih basah, karena terkena air PMK saat memadamkan api. Al- Qur'an itu kini dipindah ke bagian tengah rak lemari yang terbakar.

"Awalnya di bawah. Karena tadi anaknya juga berusaha menyelamatkan ijazah," terang Tari.

Kebakaran itu melalap tiga rumah di Surabaya. Api berasal dari dapur warga yang tengah memasak namun ditinggal pergi. Kebakaran terjadi sekitar pukul 08.30 WIB di Jalan Dapuan Tegal IX, Kelurahan Perak Timur, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya. Api bisa dipadamkan pada pukul 10.00 WIB.

(sun/bdh)