Jargon 'Tarik Sis Semongko', Semangato Sampe Bongko

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 17 Okt 2020 22:48 WIB
Jargon Tarik Sis Semongko Viral di Medsos, Ini Dia Pencentusnya
Pencetus Tarik Sis, Semongko, berkaus merah (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Jargon 'Tarik Sis, Semongko' viral di media sosial. Jargon ini merupakan bahasa Jawa yang mempunyai arti ajakan berjoget. Sementara semongko adalah kepanjangan 'Semangato Sampek Bongko' (Semangatlah sampai mati).

Video 'Tarik Sis, Semongko', Anggun Pramudita - Bunga dari label Aneka Safari Musik spat viral di YouTube. Lagu ini dikenalkan oleh Thomas Arya dan kekinian dipopulerkan kembali oleh Anggun Pramudita. Bahkan video itu menjadi viral, trending no 2 di Indonesia. Video yang diproseduri oleh AA Jaya ini hanya kalah dari video girl band Korea "Black Pink".

"Tarik merupakan aba-aba yang biasa digunakan untuk dimulainya musik gendang, sedangkan semongko adalah semangka dalam bahasa Jawa. Namun, dalam AA Jaya, semongko juga bisa berarti lain, yaitu semangato sampe bongko," ujar Ridho Woyo-woyo, pencetus sekaligus MC panggung pentas dangdut kepada detikcom, Sabtu (17/10/2020).

Ridho bercerita, jargon ini muncul setelah adanya tawuran penonton yang membuat aksi pentas beberapa penyanyi dihentikan. Setelah melakukan lobby kepada petugas keamanan, akhirnya pentas dangdut itu boleh dilanjutkan.

Namun sayang, usai berhenti beberapa menit, mood crew musik dangdut dan penyanyi turun.

Selanjutnya
Halaman
1 2