Dimas, Wisudawan Termuda ITS Raih Gelar Sarjana di Usia 19 Tahun

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 17 Okt 2020 12:24 WIB
Cerita Wisudawan Termuda ITS Raih Gelar Sarjana di Usia 19 Tahun
Wisudawan termuda ITS (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Wisuda ke-112 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sabtu (24/10) mendatang, ada satu wisudawan termuda. Dia, Muhammad Dimas Nugraha Aryatama asal Banjarmasin. Sebentar lagi dia menjadi sarjana Teknik Komputer diusia 19 tahun 7 bulan.

Rupanya, pendidikan di usia muda ini sudah ia lalui sejak masuk SD, yakni usia lima tahun. Saat kelas tiga, Dimas berkesempatan memgikuti program percepatan belajar. Sehingga selama kelas tiga sampai enam ditempuh masing-masing selama 8 bulan dan lulus dalam kurun waktu 5 tahun saja.

Saat SMA pun, mahasiswa kelahiran tahun 2001 ini kembali mendapat program akseleras dan lulus sekolah dalam waktu dua tahun. Kemudian meneruskan ke perguruan tinggi di umur 15 tahun. Dimas pun lolos dan menjadi mahasiswa Departemen Teknik Komputer ITS.

"Saya menemukan bidang favorit, yakni machine learning dan deep learning yang merupakan suatu teknologi yang sangat gencar pengembangannya pada saat ini. Bahkan penerapannya dapat sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari," kata Dimas, Sabtu (17/10/2020).

Saat menyelesaikan Tugas Akhir (TA), Dimas memilih judul Pendeteksian Pneumothorax Pada Citra X-Ray Menggunakan Convolutional Neural Network. Ia menggunakan sistem deep learning untuk dapat mendeteksi kondisi pneumothorax pada gambar x-ray pasien dan fokus membandingkan tingkat keakuratan dari berbagai model arsitektur deep learning.

Selanjutnya
Halaman
1 2