Jatim Tidak Ada Zona Merah, Dispendik Akan Tambah Kuota Sekolah Tatap Muka

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 13:34 WIB
Kepala Dispendik Jatim Wahid Wahyudi
Kepala Dispendik Jatim Wahid Wahyudi (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Tidak ada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur yang berstatus zona merah saat ini. Dinas Pendidikan Jawa Timur akan segera mengevaluasi untuk meningkatkan kuota simulasi sekolah tatap muka.

"Sebenarnya sejak 18 Agustus kita melakukan uji coba pembelajaran tatap muka di Jatim. Sifatnya simulasi karena masih ada surat edaran dari 4 kementerian. Simulasi saat ini masih berada di angka 25 persen bagi SMK di Jatim. Ini saatnya kita evaluasi untuk ditingkatkan jumlah pembelajaran tatap muka di Jatim," kata Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi di Gedung Negara Grahadi, Selasa (13/10/2020).

Wahid menjelaskan proses belajar tatap muka di tingkat SMK perlu ditingkatkan. Karena banyak praktik-praktik yang tidak bisa dilakukan secara jarak jauh atau daring. Misalnya siswa dengan jurusan mesin, tata rias.

"Sulit, masak belajar rias dari zoom, pasyi susah. Termasuk siswa jurusan mesin, masak misal ngelas melalui online," imbuhnya.

Wahid mengizinkan SMK yang berada di zona kuning COVID-19 untuk melakukan simulasi belajar tatap muka. "Kalau praktik, zona kuning silakan. Karena gak mungkin SMK praktik online," lanjutnya.

Sedangkan untuk belajar mengajar tatap muka di SMA, Wahid juga akan mengevaluasi. Meski sudah ada beberapa SMA di Jatim yang mulai melakukan simulasi belajar tatap muka, pihaknya masih belum bisa memberi izin untuk semua daerah karena terganjal SE dari 4 Kementerian.

Selanjutnya
Halaman
1 2