Warga Surabaya Nikmati Weekend di Pantai Kenjeran, Tapi Banyak Tak Pakai Masker

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 11 Okt 2020 17:56 WIB
pantai kenjeran
Pengunjung di Pantai Kenjeran (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Salah satu destinasi wisata di Surabaya yang banyak didatangi wisatawan saat pandemi ialah Pantai Kenjeran, terlebih saat weekend. Namun banyak pengunjung yang mengabaikan protokol kesehatan.

Dari pantauan detikcom, Minggu (11/10/2020) di Pantai Kenjeran, banyak wisatawan yang tidak memakai masker hingga tidak menjaga jarak. Mereka asyik bersantai di bibir pantai, berkumpul bersama keluarga. Sementara anak-anak bermain di air laut hingga menikmati wisata perahu.

Tak sedikit pula pengunjung pantai bermain layang-layang, baik di bibir pantai maupun di area Taman Suroboyo. Banyak pula pedagang makanan atau mainan Pantai Kenjeran dan juga penyewaan terpal untuk alas duduk juga tersedia.

Kendaraan roda dua maupun roda empat banyak diparkir di pinggir jalan sekitar Pantai Kenjeran dan di depan Taman Suroboyo. Semakin sore semakin banyak warga yang datang.

pantai kenjeranPantai Kenjeran yang didatangi banyak warga (Foto: Esti Widiyana)

Sayangnya, di Pantai Kenjeran tidak ada petugas keamanan untuk mengingatkan pengunjung agar disiplin protokol kesehatan. Biasanya petugas baik dari Satpol PP maupun Linmas selalu mengawasi tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Salah satu pengunjung Pantai Kenjeran, Puspita (26) sengaja menghabiskan akhir pekannya bersama rekan-rekannya. Puspita dan teman-temannya mengaku tak takut terpapar, sebab sudah memproteksi diri dan menerapkan protokolkesehatan.

"Kan jarang-jarang ke sini, sekali-kali keluar buat refreshing. Paling penting sih jaga protokol kesehatan sendiri, kalau orang lain lalai ya seenggaknya kita enggak mengabaikan protokol," kata Puspita kepada detikcom, Minggu (11/10/2020).

Hal yang sama juga dikatakan oleh Siti (52), ia bersama keluarganya menikmati akhir pekan dengan keluarga. Menurutnya sayang jika saat weekend tidak menghabiskan waktu dengan anak cucunya.

"Mumpung kumpul, jadi ya jalan-jalan sebentar. Kalau protokol kesehatan ya tetep pakai masker, ndak dekat-dekat orang lain biar nggak tertular," kata Siti.

Para pengunjung sendiri menikmati liburan di Pantai Kenjeran tanpa terlihat rasa takut akan COVID-19. Pedagang makanan atau mainan pun juga tak sedikit di sana. Namun banyak yang tidak mengenakan masker maupun memakainya dengan benar.

(iwd/iwd)