Kepala Kemenag Jombang Gelar Hajatan Mewah Langgar Prokes Belum Disanksi

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 20:38 WIB
Pernikahan Putri Kepala Kemenag Jombang Diwarnai Kerumunan Tamu Undangan di tengah pandemi
Hajatan mewah Kepala Kemenag Jatim (Foto: Istimewa)
Jombang -

Hajatan pernikahan yang digelar Kepala Kemenag Jombang Taufiq Abdul Djalil beberapa waktu lalu, dinilai melanggar protokol kesehatan. Namun hingga hari ini, belum ada sanksi yang diberikan kepada Taufiq maupun manajemen hotel tempat hajatan digelar.

Resepsi pernikahan putri Taufiq digelar di ballroom salah satu hotel Jalan Soekarno-Hatta, Jombang pada Minggu (4/10). Pada undangan yang disebar, panitia sudah menjadwal kedatangan para tamu menjadi 6 sesi. Yakni mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

Panitia tampak melindungi diri dengan memakai masker dan face shield atau pelindung wajah. Namun dalam video yang diterima detikcom, kerumunan tamu undangan masih terjadi di dalam tempat resepsi. Sebuah foto juga menunjukkan sejumlah tamu undangan berfoto dengan pengantin tanpa memakai masker dan tidak menjaga jarak.

Asisten 1 Bupati Jombang Anwar mengatakan, Taufiq dan keluarganya tidak menjalani tes swab sebelum menggelar resepsi pernikahan tersebut. Padahal menurut dia, tes swab menjadi syarat untuk mendapatkan izin menggelar hajatan nikah dari Pemkab Jombang.

"Kami pernah menyarankan seperti itu (tes swab). Buktinya (hasil tes swab) tidak dilampirkan. Kan izinnya mendadak, lima atau tiga hari sebelum hajatan. Kami sarankan segera swab kesehatan supaya yang hadir aman," kata Anwar saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (7/10/2020).

Meski begitu, Pemkab Jombang memberi izin Taufiq untuk menggelar resepsi pernikahan putrinya. "Mudah-mudahan tidak terjadi (klaster baru)," ujar Anwar.

Hingga hari ini, Pemkab Jombang melalui Satpol PP belum memberi sanksi terhadap Taufiq. Petugas penegak Perda mengaku sebatas mengingatkan penyelenggara hajatan dan manajemen hotel agar mematuhi protokol kesehatan. Itu baru mereka lakukan sekitar 2 jam menjelang resepsi pernikahan tersebut berakhir.

Selanjutnya
Halaman
1 2