Ini Standar Keselamatan Berkendara di Saat Pandemi

Adhar Muttaqien - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 10:17 WIB
keselamatan berkendara
Petugas membagikan brosur keselamatan berkendara selama pandemi (Foto: Adhar Muttaqien)

Lanjut Ferdy, untuk keselamatan pengguna mobil pribadi juga terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya penggunaan sabuk keselamatan, menjaga jarak aman serta beristirahat yang cukup ketika badan mulai lelah atau mengantuk.

"Sesuai Undang-undang Nomor 2 Tahun 2009, setiap pengendara kendaraan bermotor diwajibkan beristirahat setelah berkendara maksimal empat jam," kata Ferdy.

Ia juga mengingatkan, untuk pencegahan COVID-19 agar menggunakan hand sanitizer sebelum menyentuh instrumen yang ada di kendaraan, baik mobil pribadi, angkutan umum maupun sepeda motor.

"Untuk angkutan umum harus lebih waspada, karena penggunanya orang banyak," imbuhnya.

Pada sektor angkutan umum tersebut tidak hanya keselamatan dari potensi paparan virus Corona yang harus diperhatikan, namun keselamatan diri dari kecelakaan maupun ancaman kejahatan juga wajib menjadi perhatian masyarakat.

"Jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan, jangan mudah menerima tawaran dari orang yang tidak dikenal dan hindari berdesakan saat naik atau turun," kata Ferdy.

Ferdy menambahkan untuk mendukung keselamatan berkendara, pihaknya gencar melakukan kampanye di berbagai daerah, salah satunya di Tulungagung. Bersama dinas perhubungan setempat pihaknya melakukan pembagian ribuan masker serta pedoman standar keselamatan berkendara.

"Kami mendorong agar seluruh elemen pengguna jalan untuk selalu patuh aturan keselamatan dan protokol kesehatan," imbuhnya.


(iwd/iwd)