Ini Standar Keselamatan Berkendara di Saat Pandemi

Adhar Muttaqien - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 10:17 WIB
keselamatan berkendara
Petugas membagikan brosur keselamatan berkendara selama pandemi (Foto: Adhar Muttaqien)
Tulungagung -

Tingginya potensi penyebaran COVID-19 di dalam angkutan umum dan kendaraan pribadi menjadi perhatian serius dari kementerian maupun dinas perhubungan. Para pengguna jalan diimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan tanpa mengabaikan keselamatan berkendara.

Menurut staf Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Jawa Timur Ferdy Sukananda, pada masa pandemi COVID-19 maupun era adaptasi kebiasaan baru (new normal), sektor transportasi memiliki standar tersendiri untuk meminimalisir potensi penularan virus Corona.

"Jadi di era new normal ini standar keselamatan berkendara tetap harus dilakukan, ditambah dengan beberapa piranti pendukungnya untuk pencegahan penularan COVID-19, di antaranya adalah masker dan hand sanitizer," kata Ferdy kepada detikcom, Selasa (6/10/2020).

Menurut Ferdy, kedisiplinan dalam menggunakan masker dan menjaga kebersihan tangan dinilai merupakan protokol penting yang harus dijalankan untuk pengguna semua jenis moda transportasi, mulai sepeda motor hingga angkutan umum.

"Apalagi angkutan umum, potensi penularannya relatif tinggi. Makanya sebelum maupun sesudah berkendara jangan lupa bersihkan tangan dengan cuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer," ujarnya saat kampanye keselamatan berkendara di Tulungagung.

Untuk pengendara sepeda motor, kata Ferdy, terdapat beberapa standar keselamatan, di antaranya memastikan diri dalam kondisi fit dan sehat, menggunakan helm berstandar SNI, memakai sepatu sebagai pelindung kaki, tidak mengoperasikan telepon genggam saat berkendara, menggunakan sarung tangan hingga memakai masker.

"Jangan lupa surat kendaraan STNK serta SIM. Kemudian yang tidak kalah penting gunakan helm pribadi di saat pandemi seperti ini. Saat di jalan, jaga jarak aman," imbuh Ferdy.

Selain itu penggunakan jaket serta sarung tangan dinilai juga penting untuk menjaga keselamatan pengguna sepeda motor. "Karena bisa melindungi dari paparan sinar matahari maupun angin saat berkendara malam hari," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2