Pekerja Pabrik di SIER Surabaya Tolak Omnibus Law

Pekerja Pabrik di SIER Surabaya Tolak Omnibus Law

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 09:23 WIB
demo omnibus law
Massa buruh pendemo berkumpul di SIER (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya - RUU Cipta Kerja Omnibus law telah disahkan menjadi UU dalam rapat paripurna DPR pada Senin (5/10) bersama pemerintah. Pengesahan RUU itu direaksi dengan aksi demo menolak Omnibus Law di berbagai daerah, termasuk Surabaya.

Dari pantauan detikcom, di kawasan industri SIER Rungkut terdapat puluhan buruh berkumpul di depan salah satu pabrik. Dengan memakai seragam kerja dan tetap menggunakan masker, mereka terlihat akan bersiap menuju satu titik yang dijadikan aksi demo tolak Omnibus Law.

Salah satu anggota serikat pekerja Surabaya, Bimo membenarkan hal tersebut. Ia bersama pekerja pabrik tengah berkumpul dan akan menuju Gedung DPRD Jatim untuk demo tolak Omnibus Law.

"Kami membawa tuntutan tolak Omnibus Law di DPRD Jatim (lokasi demo)," kata Bimo kepada detikcom, Selasa (6/10/2020).

Saat ini para pekerja tengah menunggu serikat pekerja lain dari Jatim. Seperti Mojokerto dan Pasuruan. Titik kumpulnya sendiri, Bimo mengatakan ada di Jalan Ahmad Yani.

"Titik kumpulnya di Ahmad Yani, ini menunggu teman-teman dari Surabaya, Mojokerto dan Pasuruan, se-Jatim," jelasnya.

Massa dari pabrik di SIER Rungkut, kata Bimo, akan berangkat bersama setelah perwakilan pekerja daerah di Jatim tiba di Surabaya. Mereka akan berangkat menuju titik aksi demo bersama-sama.

"Kita akan berangkatkan massa, sekitar 100-150 orang," kata dia.

Untuk protokol kesehatannya sendiri, Bimo menjamin semuanya mematuhi. Semua massa yang turun aksi diwajibkan menggunakan masker.

"Semuanya pakai masker dan hand sanitizer," pungkasnya. (iwd/iwd)