Polda Jatim Selidiki 'Borok' Kapolres Blitar yang Diungkap Kasat Sabhara

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 15:50 WIB
kasat sabhara polres blitar
Kasat Sabhara Polres Blitar AKP Agus Hendro Tri Susetyo (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Polda Jatim mendalami pernyataan Kasat Sabhara Polres Blitar AKP Agus Hendro Tri Susetyo yang menyebut borok Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani. Agus menyebut Fanani mengabaikan sabung ayam hingga kegiatan tambang pasir di masa pandemi COVID-19.

Pernyataan ini diungkapkan Agus saat menyerahkan surat pengunduran dirnya sebagai anggota kepolisian. Namun Agus tidak jadi mengundurkan diri usai mendapat mediasi dari Polda Jatim. Kesalahpahaman ini juga disebut sudah damai.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pendalaman ini penting untuk mengetahui kebenaran dari perkataan Agus.

"Pasti didalami, benar apa tidaknya belum tahu, kan itu statemen yang bersangkutan pada saat emosional sesaat tanpa ada bukti, cuma omongan," kata Truno kepada detikcom di Surabaya, Senin (5/10/2020).

Truno menambahkan tugas seorang polisi, terlebih Kapolres memang sudah diatur dalam UU. Salah satunya melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat. Truno menegaskan seorang Kapolres tidak boleh melakukan tindakan yang kontraproduktif dengan hal tersebut.

"Sekarang begini saja, seorang Kapolres melakukan kontraproduktif dengan tugas Polri. Dia kan harusnya melakukan pengamanan harkamtibmas, memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman masyarakat, jadi ndak mungkin juga," tambah Truno.

Simak video 'Polda Jatim: Kasat Sabhara yang Dimaki Kapolres Blitar Batal Mundur':

[Gambas:Video 20detik]