Viral Teno Prasetyo Terapkan Ekasila Jika Menang Pilwali Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 21:57 WIB
Teno-Hasjim
Foto: Tangkapan layar
Pasuruan -

Pidato Cawali Pasuruan Raharto Teno Prasetyo soal ekasila disorot. Pidato calon petahana itu bikin heboh di media sosial.

Pidato itu disampaikan Teno dalam deklarasi kampanye damai Pilkada Kota Pasuruan yang diselenggarakan KPU Kota Pasuruan, Sabtu (26/9). Videonya diunggah ke akun youtube resmi KPU Kota Pasuruan.

"Seperti kita ketahui bersama Kota Pasuruan dengan keanekaragamannya, dengan dinamikanya, miniatur Indonesia, bisa disatukan, saling bahu-membahu, demi kemajuan Kota Pasuruan. Seperti halnya bangsa Indonesia dengan keanekaragaman yang bisa disatukan dalam sebuah frame Pancasila," kata Teno dalam video yang disimak detikcom, Kamis (1/10/2020).

Cawali nomor urut 2 ini kemudian mengatakan keanekaragaman merupakan kekuatan dalam suatu bangsa. Keanekaragaman, juga merupakan kekuatan suatu daerah.

"Seperti kita ketahui bersama, dalam Pancasila, sebuah keanekaragaman adalah sebuah kekuatan dalam membentuk suatu bangsa, dalam membentuk suatu daerah. Jika kita peras Pancasila, munculah ekasila yang didapatkan dari trisila, yaitu dari sosio nasionalis, sosio demokratis, ketuhanan yang berkebudayaan. Dan jika kita peras lagi, kita kristalisasi lagi, hanya ada satu kata untuk mewujudkan Kota Pasuruan yang lebih maju dan sejahtera adalah dengan cara bergotong royong," terangnya.

Video pidato tersebut ramai diperbincangkan di media sosial. Bahkan mantan Sekretaris BUMN, Said Didu juga bereaksi.

Lewat akun twitter @msaid_didu, ia memposting video pidato tersebut. "Ingin mengubah Pancasila? Katanya ini calon Bupati Pasuruan dari PDIP," cuitan yang dicuitkan @msaid_didu pukul 12.23 WIB.

Yang ada dalam video tersebut adalah Cawali Pasuruan Raharto Teno Prasetyo dan Cawawali M Hasjim Asjari. Pasangan ini diusung PDIP, NasDem, Hanura, dan Gerindra.

Tweet Said Didu langsung viral. 1,9 ribu retweet, 272 tweet kutipan dan 3,2 ribu orang menyukainya.

Tonton video 'Mahfud: Pilkada 2020 Tetap Dilaksanakan':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)