Wali Kota Pasuruan Dilantik 4 Hari Sebelum Cuti Kampanye

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 19:49 WIB
Raharto Teno Prasetyo Dilantik Jadi Wali Kota Pasuruan 4 Hari Sebelum Cuti Kampanye
Raharto Teno Prasetyo dilantik jadi Wali Kota Pasuruan (Foto: Istimewa)
Pasuruan -

Raharto Teno Prasetyo resmi dilantik menjadi Wali Kota Pasuruan. Pelantikan Teno yang juga calon wali kota dalam Pilwali Pasuruan 2020 berselang 4 hari sebelum masa kampanye.

Teno yang sebelumnya menjabat Plt Wali Kota Pasuruan dilantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi, Surabaya, Senin (21/09/2020). Ia bakal menjabat sebagai wali kota hingga bulan Februari 2021.

"Masa jabatannya sampai tanggal 16 Februari 2020," kata Plt Asisten Pemerintahan Pemkot Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat.

Untuk diketahui, pada bulan Mei 2020 DPRD Kota Pasuruan menggelar sidang paripurna dengan agenda pembacaan SK Kemendagri tentang pengesahan pemberhentian Setiyono sebagai Wali Kota Pasuruan. DPRD lalu membuat usulan ke Kemendagri untuk pengganti Wali Kota Pasuruan yang dalam hal ini adalah Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo.

"Persetujuan dari Kemendagri sudah turun bulan Agustus kemarin," imbuh Kokoh.

Namun begitu, Teno yang maju dalam kontestasi Pilwali Pasuruan harus mengajukan cuti kampanye 71 hari sejak tanggal 26 September 2020. Selama cuti pemegang kendali Pemkot Pasuruan adalah Pj Wali Kota yang ditunjuk gubernur.

Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari menjelaskan masa kampanye Pilwali Pasuruan mulai 26 September hingga 5 Desember 2020. Tanggal 9 Desember merupakan hari pencoblosan.

"Penetapan pasangan calon tanggal 23 September. Setelah ditetapkan, untuk calon Petahana harus mengajukan cuti," kata Royce.

Raharto Teno Prasetyo maju Pilwali berpasangan dengan Moch Hasjim Asjari. Teno - Hasjim diusung PDIP, Hanura, Gerindra dan NasDem.

Sementara bakal pasangan calon penantang yakni Saifullah Yusuf - Adi Wibowo. Pasangan ini diusung PKB, Golkar, PKS, PAN dan PPP.

(fat/fat)