Viral Penampakan Buaya di Sungai Brantas Kediri, Benarkah Berwarna Putih?

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 17:24 WIB
sungai brantas kediri
Sungai Brantas tempat penampakan buaya (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri -

Viral buaya putih di Sungai Brantas Kota Kediri disangsikan sejumlah pihak. Bukan buayanya yang disangsikan, tetapi warna putihnya yang disangsikan.

"Kalau yang dimaksud jenis buaya putih albino dan mistis, saya kurang setuju," ujar Founder Komunitas Reptil Kediri (Korek) Solikin kepada detikcom, Kamis (1/10/2020).

Solikin mengatakan buaya yang viral tersebut merupakan buaya muara atau dalam bahasa latinnya Crocodylus Porosus. Menyoal warna putih yang dibicarakan di medsos, Solikin mengatakan bahwa itu karena buaya muara merupakan jenis yang sangat mudah beradaptasi di lingkungan tempat tinggalnya.

Jika dilihat dari kondisi Sungai Brantas yang berair jernih, maka warna kulit buaya seakan putih menyesuaikan tempat tinggalnya. Hal serupa juga terlihat saat buaya muncul ke permukaan sungai. Itu akibat dari perbedaan suhu dalam sungai dan buaya membutuhkan sinar matahari untuk metabolisme buaya.

"Untuk kemunculan buaya, itu karena buaya membutuhkan sinar matahari untuk metabolisme dan adanya perubahan suhu dalam sungai," jelas Solikin.

Solikin memberi masukan terhadap Pemerintah Kota Kediri dan warga agar tidak melakukan perburuan. Karena hal itu dapat merusak habitat buaya. Pemkot cukup memberikan papan informasi dan imbauan bahaya ada buaya.

"Saran saya kepada pemerintah dan warga sekitar untuk tidak melakukan perburuan, karena itu dapat merusak habitat dan ekosistem buaya di Sungai Brantas. Pemerintah cukup memberikan papan imbauan dan informasi agar berhati hati dan waspada saat berada di bantaran sungai brantas," kata Solikin.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri Adi Sutrisno mengatakan sebelumnya pada awal tahun 2020 yang lalu pihaknya bersama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur telah menangkap 1 ekor buara muara.

"Ada lima yang masih berkeliaran di sungai brantas ini. Diperkirakan buaya tersbut merupakan gerombolan yang beberapa kali ditemui oleh warga," kata Adi.

Simak juga video 'Ada Buaya Berjemur di Tepi Sungai di Mamuju':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)