Viral Buaya Putih di Kediri, BPBD Sisir Sungai Brantas

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 16:43 WIB
BPBD kota kediri mencari keberadaan buaya di sungai brantas
BPBD Kota Kediri mencari keberadaan buaya di Sungai Brantas yang viral (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri -

Di media sosial viral penampakan buaya yang disebut berwarna putih di Sungai Brantas. Viral itu membuat BPBD Kota Kediri bertindak melakukan pencarian keberadaan buaya tersebut.

Kasi Pencegaan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri Adi Sutrisno mengatakan pihaknya belum dapat memastikan kebenaran vidio tersebut. Namun ia membenarkan jika di sepanjang aliran Sungai Brantas memang ada buaya.

"Tahun kemarin kita bersama tim berhasil menangkap satu di wilayah Ringin Anom, di belakang Ramayana. Dan sudah kita serahkan ke BKSDA pada Februari yang lalu. Kebetulan saat kita menangkap satu, masih ada 5 yang sempat dilihat oleh teman-teman rescue reptil kediri, tapi buayanya lari tidak bisa dikejar," ujar Adi saat dihubungi detikcom, Kamis (1/10/2020).

Adi mengaku BPBD telah melakukan cek lokasi atas beredarnya video tersebut. Setelah melakukan mitigasi bencana sekaligus mengecek keberadaan buaya disepanjang sungai brantas wilayah Kota Kediri, pihak BPBD belum menemukan keberadaan buaya yang dimaksud, serta tidak menemukan adanya kerusakan alam. Namun berdasarkan keterangan sejumlah saksi ada waktu tertentu yang membuat buaya muncul.

"Berdasarkan hasil mitigasi tadi, kami belum menemukan potensi kerusakan bantaran sungai brantas, ditemukan ada beberapa titik eceng gondok yang biasa menjadi lokasi bersembunyi buaya, belum ada penampakan buaya. Dan berdasarkan keterangan satpam taman brantas buaya muncul pada pukul 8 hingga 10 pagi di sekitar eceng gondok," imbuh Adi.

Viral buaya yang disebut berwarna putih muncul di Sungai Brantas Kediri. Penampakan buaya ini direkam oleh warga dan menyebar luas di media sosial.

Penampakan buaya itu diabadikan seseorang yang belum diketahui identitasnya dalam video berdurasi 2.34 menit. Video ini tersebar di beberapa grup WhatsApp dan facebook.

(iwd/iwd)