Warga Pesisir Selatan Banyuwangi Resah dengan Isu Potensi Tsunami 20 Meter

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 16:09 WIB
Riset ITB tentang adanya pontensi tsunami setinggi 20 meter membuat resah masyarakat di pesisir pantai Banyuwangi. Warga meminta pemerintah tidak menakut-nakuti masyarakat dengan potensi tsunami.
Warga di pesisir pantai Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Riset ITB tentang adanya potensi tsunami setinggi 20 meter membuat resah warga di pesisir pantai Banyuwangi. Warga meminta pemerintah tidak menakut-nakuti masyarakat dengan potensi tsunami.

Seperti yang diungkapkan Sunardi (40) warga Desa Grajakan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi. "Kami minta pemerintah tidak menakut-nakuti kami dengan isu bencana tsunami," ujarnya kepada detikcom, Kamis (1/10/2020).

Trauma tsunami 1994 membuat warga sekitar takut bencana tersebut terulang. Sehingga ia berharap isu adanya potensi tsunami setinggi 20 meter tidak dibesar-besarkan.

"Yang kami minta adalah informasi yang menyejukkan. Tidak pada menakuti kami adanya bencana. Jika pun bencana itu terjadi, kami harap pemerintah sudah menyiapkan segalanya," imbuhnya.

Namun Budi Wahono, warga Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran memiliki pandangan berbeda. Menurut Budi, warga di lokasi tsunami 1994 lebih siap dalam mengantisipasi bencana.

Selanjutnya
Halaman
1 2