2 Bersaudara di Probolinggo Sulap Talenan Lukis Jadi Barang Bernilai Tinggi

M Rofiq - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 07:30 WIB
Kerajinan Talenan Lukis Hasil Karya 2 Gadis Bersaudara Asal Probolinggo Laris Dipasaran
Dua bersaudara mengubah talenan jadi bernilai tinggi (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

Siapa sangka talenan kayu hanya bernilai Rp 10.000, bisa dijadikan souvenir berkualitas tinggi. Dari tangan Leda Azzadinas Haque (26) dan Ledy Fitra Ramadhani (22), warga Dusun Lori, Desa Sumur Mati, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, talenan disulap menjadi talenan lukis, pigora lukis dan flower box. Menarik ya?

Ide pembuatan souvenir dari talenan ini muncul saat mereka iseng mencoba melukis talenan. Mereka kemudian mencoba memposting ke media sosial. Dan ternyata, banyak peminat dan memesan karya mereka.

Hingga akhirnya, mereka pun mulai aktivitas kerja barunya. Sebelumnya, mereka membeli talenan kayu dari pengrajin lokal di Kota dan Kabupaten Probolinggo. Mereka pun juga membeli bahan penunjang lainnya yakni kuas lukis, cat akrilik, dan pilox clear atau anti gores.

"Ide awalnya saya kan suka melukis, dari kecil suka menggambar, dan tahun 2010. Kegemaran melukis ditekuni saat di Ponpes Gontor. Awalnya saya melukis dari media triplek yang ukuran kecil 1 x 2 meter dan saat tahun 2017 kepingin menggambar di media kayu cuma lebih kecil dan familiar. Saya ke dapur pondok ada ibu-ibu di dapur motong-motong pakai talenan kayu, oh iya talenan bisa dibuat media melukis. Dan sampai sekarang hasil karya talenan banyak dibuat acara weeding dan ultah, pasaran dari kota kota seluruh Indonesia," ujar Leda saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (30/9/2020).

Dalam sehari kedua saudara kandung, mampu menyelesaikan talenan lukis menjadi souvenir cantik bisa 6 hingga 12 talenan kayu lukis. Tak hanya talenan hasil karyanya yang mereka jual, Leda dan Ledy juga membuat pigura lukis dan flower box.

Selanjutnya
Halaman
1 2