Mengenal Lebih Dekat Dahlan Efendi Pencipta Lagu Los Dol

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 20:09 WIB
Dahlan efendi
Dahlan Efendi, pencipta lagu Los Dol (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Lagu Los Dol yang dibawakan Denny Caknan begitu populer sejak dirilis bulan Juni 2020 lalu. Lagu Denny Caknan yang kini telah memiliki 75 juta penonton itu diciptakan oleh Dahlan Efendi, warga Desa Sidorejo, Kebonsari, Madiun

Dahlan Efendi merupakan seorang seniman kelahiran Ngawi, 25 September 1987 yang saat ini juga menjadi Youtuber dengan channel Lek Dahlan.

"Kalau saya asli kelahiran Ngawi tapi sekarang tinggal di tempat kelahiran istri, Madiun," ujar Dahlan kepada detikcom Senin (28/9/2020).

Lek Dahlan sapaan akrabnya mengatakan sebelum jadi seniman, dia merupakan seorang jurnalis di salah satu media cetak lokal Madiun. "Saya pernah di jurnalis sekitar 2011 sampai 2013. Setelah itu masuk seniman dan bertani juga," katanya.

Kegiatan sehari-hari, kata Dahlan, saat ini tetap bermain seni musik menghibur anak sekolah, dengan bernyanyi dan mengajar les gratis.

"Keseharian saya ya tetap membuat lagu dan juga mengajar les gratis bagi anak-anak di kampung dan sekaligus menghibur untuk meningkatkan imun anak di pandemi COVID-19 ini," paparnya.

Pria berambut gondrong itu menambahkan kesuksesan lagu Los Dol di dalamnya juga ada andil Denny Caknan. Denny juga turut menyumbangkan lirik.

"Jadi mas Denny juga ikut andil dalam lagu Los Dol reborn yang sukses itu. Tidak lupa atas kesuksesan lagu Los Dol saya ucapkan terimakasih dan bersyukur telah diterima oleh masyarakat luas," kata Dahlan.

Dahlan yang tampil sederhana itu bercerita, saat ini masih ada satu lagu lagi ciptaannya bersama Denny Caknan yang bakal dirilis. "Bila jadi lho ya, ada satu single baru judul ndas gerih (kepala ikan asin) yang nanti bakal dirilis oleh Denny Caknan. Katanya sih sudah tahap aransemen," tandas Dahlan.

(iwd/iwd)