KAMI Jatim Merasa Dipersekusi Massa Surabaya Adalah Kita

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 19:32 WIB
Koalisi Aksi Menyelematkan Indonesia (KAMI) Jawa Timur merasa dipersekusi oleh massa Surabaya Adalah Kita. Kami menyebut massa salah paham pada KAMI.
Konferensi pers KAMI Jatim di Puri Mas Surabaya/Foto: Faiq Azmi/detikcom
Surabaya -

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jawa Timur merasa dipersekusi oleh massa Surabaya Adalah Kita. Kami menyebut massa salah paham pada KAMI.

"Awalnya kita ramah tamah di Graha Jabal Nur. Kita menunggu keadaan di Gedung Juang 45. Tapi kemudian yang kita dengar info kawan di lapangan, Gedung Juang 45 dikuasi oleh kelompok tidak dikenal. Dan kawan kita di sana dipersekusi dan diusir. Sehingga tidak memungkinkan di sana (untuk digelar acara)," kata Agus Ma'shum selaku Wakil Ketua Komite Eksekutif KAMI Jatim, saat konferensi pers di Puri Mas Surabaya, Senin (28/9/2020).

Agus menjelaskan, acara KAMI Jatim bersifat internal dan tidak membutuhkan izin dari kepolisian. Pihaknya hanya izin kepada pengelola gedung untuk menyewa.

Sehari sebelum acara, tepatnya Minggu (27/9), KAMI Jatim dihubungi pihak pemilik gedung untuk membatalkan acara. Namun menurut Agus, kala itu pihaknya masih akan menggelar acara meski harus di dalam atau luar gedung.

"Itu acara dengan protokol kesehatan dan di gedung, damai dan tidak menimbulkan persoalan tentang kekacauan sosial. Lalu yang muncul justru kelompok massa yang demo kita. Kok yang dibubarkan di dalam? Bukan yang demo? Bukannya demo itu malah butuh izin?," terangnya.

"Pertanyaan kita, demo di luar dibiarkan. Ada izinnya gak? Kita di Gedung Juang 45 ada izinnya, izin peminjaman gedung sudah keluar. Gedung sudah di-assessment pengelolanya bahwa gedung maksimal diisi 200 orang. Oke kita ajukan 150. Dan kita sudah menerima ketersediaan gedung itu dipakai. Kita juga sudah memberitahukan Polsek Sawahan dan Polda Jatim. Demo kan harusnya ada izin, di depan Gedung Juang 45 itu kan harus ada izin? Ada gak itu izinnya," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2