Denda Operasi Yustisi Ponorogo Terkumpul Rp 15 Juta akan Diserahkan ke Kasda

Charolin Pebrianti - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 14:34 WIB
Dua Pekan Operasi Yustisi Uang Dena Kekumpul Rp 15 Juta
Operasi yustisi di Ponorogo (Foto: Charolin Pebrianti/detikcom)
Surabaya -

Selama dua pekan pembayaran denda masyarakat yang melanggar saat operasi yustisi terkumpul Rp 15 juta. Tim Satgas COVID-19 langsung menyetor uang tersebut ke Kas Daerah Pemkab Ponorogo.

"Total ada 616 pelanggar, untuk denda uang ada 300 orang, teguran sosial 290 dan teguran lisan 16 orang," tutur Kabid Ketentraman dan Penertiban dan Kebakaran Satpol PP (Timbumkar) Siswanto kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Untuk teguran lisan, lanjut Siswanto, diberlakukan bagi para pelanggar yang masih di bawah umur. Disinggung soal besaran dana, meski hanya diambil nilai denda paling rendah Rp 50 ribu. Denda tersebut cukup bagus memberikan efek jera bagi warga.

"Ke depannya sementara kami koordinasi dengan instansi terkait dengan Polri dan Kodim. Saat ini masih evaluasi bagaimana selanjutnya," terang Siswanto.

Selain terkumpul uang Rp 15 juta, selama dua pekan ada 28 titik untuk operasi yustisi. Dalam sehari, ada 2 titik operasi yustisi.

Salah satu pelanggar, Agus mengaku dirinya rajin memakai masker saat turun dari kendaraan. Namun karena helm sepeda motornya berbentuk teropong, saat memakai masker dia merasa sesak.

"Saya kan pakai helm teropong jadi saya lepas biar nggak sesak, kalau keseharian saya selalu pakai masker," tukas Agus.

Karena Agus membawa masker, dia hanya dikenai sanksi sosial berupa menyanyikan Indonesia Raya. "Saya janji, habis kejadian ini bakal patuh terus dan tidak mengulang lagi," pungkas Agus.

(fat/fat)