Wabup Sampang Dukung Wagub Emil Nakhodai Pramuka Jatim

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 16:07 WIB
wagub emil
Wabup Sampang mendukung Wagub Emil mempimpin Pramuka Jatim (Foto: dok. Istimewa)
Surabaya -

Posisi Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur pada Desember 2020 akan kosong. Wakil Gubernur Emil Dardak didukung kwartir cabang (kwarcab) agar mengisi posisi Ketua Kwarda Pramuka Jatim.

Dukungan kwarcab Pramuka di Jatim terus mengalir kepada Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak. Kali ini Ketua Kwarcab Sampang H Abdullah Hidayat secara resmi telah memberikan surat dukungan kepada Emil Dardak.

"Betul, kemarin Kamis (24/9), kami menyerahkan dukungan resmi ke Pak Wagub (Emil Dardak)," kata Ketua Kwarcab Sampang H Abdullah Hidayat, Jumat (25/9/2020).

Dijelaskan Abdullah, dari 38 kwarcab di Jatim, sudah ada 25 dukungan resmi kepada Wagub Emil. Bahkan, kalau ditotal dengan dukungan yang belum resmi, sudah ada 30 kwarcab yang mendukung.

"Kalau seingat kami, itu adalah dukungan resmi ke-25, walaupun sepemahaman saya sudah lebih dari 30 kwarcab yang menyatakan dukungan. Jadi mungkin beberapa akan segera menyusul memberikan dukungan tertulis," imbuhnya.

Abdullah berharap Emil bisa meneruskan tongkat kepemimpinan Pramuka Jawa Timur. Emil dinilai sosok milenial yang cocok memimpin Kwarda Pramuka Jatim.

"Mudah-mudahan, sebagai pemimpin muda milenial, Kak Emil dapat meneruskan dengan baik tongkat estafet kepemimpinan Kwarda Pramuka dari Wagub sebelumnya, Kak Saifullah Yusuf (Gus Ipul)," imbuhnya.

Musyawarah daerah dalam rangka pemilihan Ketua Pramuka Kwarda Jatim akan diselenggarakan pada tahun ini. Musda ini akan memilih Ketua Kwarda Pramuka Jatim yang baru. Sebelumnya, Gus Ipul menjabat Ketua Kwarda Jatim dua periode. Jabatannya sebagai Kwarda Jatim akan selesai pada Desember 2020.

Dalam AD/ART Pramuka, Ketua Kwarda Pramuka Jatim dipilih setiap lima tahun sekali dalam forum musyawarah daerah (musda). Dalam tiga dekade terakhir, Ketua Pramuka Kwarda Jatim selalu dipimpin oleh Wakil Gubernur Jawa Timur.

(iwd/iwd)