Bawaslu Blitar Copot Ribuan APK Sehari Jelang Masa Kampanye

Erliana Riady - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 12:22 WIB
Bawaslu Kabupaten Blitar mencopot ribuan alat peraga kampanye (APK). Penertiban APK ini dilakukan sehari sebelum dimulainya masa kampanye, yakni Sabtu (26/9).
Penertiban APK di Kabupaten Blitar/Foto: Erliana Riady/detikcom
Blitar -

Bawaslu Kabupaten Blitar mencopot ribuan alat peraga kampanye (APK). Penertiban APK ini dilakukan sehari sebelum dimulainya masa kampanye, yakni Sabtu (26/9).

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahuddin mengatakan, hari ini pihaknya bersama Panwascam dan Satpol PP Pemkab Blitar melakukan penertiban APK secara serentak. Yakni di 22 kecamatan di Kabupaten Blitar.

"Kenapa hari ini, karena harus melalui prosedur penanganan pelanggaran. Sesuai ketentuan perundang-undangan setelah adanya penetapan pasangan calon," jelas Hakam kepada detikcom, Jumat (25/9/2020).

Penertiban dilakukan dengan mencopot seluruh APK yang bertebaran di pinggir jalan. Selain itu juga di beberapa lokasi yang dilarang dan telah diatur di PKPU. Yakni tempat ibadah, sekolah dan instansi pemerintah.

Sebelum penertiban APK ini, Hakam mengaku telah memberitahukan kepada Bupati dan Wabup Blitar serta parpol pendukung masing-masing paslon. APK yang dicopot tidak dimusnahkan dan bisa diambil di kantor Panwascam atau kantor Bawaslu di Jalan A Yani Kota Blitar.

"Tidak kami musnahkan. Bisa diambil untuk besok dipasang kembali. Asalkan design sesuai ketentuan dan dipasang di lokasi yang telah ditentukan PKPU," tambahnya.

Hari ini penertiban APK dimulai dari Kecamatan Garum, Selopuro dan Wlingi. Kemudian diteruskan tiap-tiap panwascam secara serentak di 22 kecamatan. Jumlah APK tiap kecamatan bervariasi. Namun rata-rata informasi yang diterima Bawaslu sekitar 200 APK tiap kecamatan. Sesuai jadwal yang ditentukan PKPU, masa kampanye dimulai besok, 26 September selama 71 hari.

(sun/bdh)