Gercep BPBD Jawa Timur Antisipasi Potensi Tsunami

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 12:13 WIB
Tenaga Ahli BPBD Jawa Timur, Suban Wahyudiono
Tenaga Ahli BPBD Jawa Timur Suban Wahyudiono (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Pascariset Institut Teknologi Bandung (ITB) soal potensi tsunami di sepanjang pantai selatan Jawa Timur, BPBD terus menggencarkan mitigasi bencana. Upaya mitigasi itu berupa sosialisasi ke masyarakat.

"Tentu kita tahu riset itu. Mitigasi sudah kita lakukan terus. Dan saya tekankan, dalam program Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Pak Wagub Emil Dardak di nawa bhakti satya, bagaimana menurunkan indeks risiko bencana," kata Tenaga Ahli BPBD Jawa Timur Suban Wahyudiono saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (25/9/2020).

Suban menjelaskan upaya mitigasi itu berupa sosialisasi ke masyarakat. BPBD Jatim dan kab/kota turun langsung ke desa yang berpotensi tsunami untuk memberi wawasan kepada warga.

"Sejak tahun 2019 lalu, kita turun ke masyarakat bersama relawan, BNPB, BPBD kab/kota. Kita sosialisasi terus. Kita edukasi. Biasanya, warga yang sudah mengerti tahu, langkah-langkah apa saja yang harus dirinya lakukan saat bencana terjadi. Misal gempa selama 20 detik, itu kan maksimal. Lalu 20 menit adalah waktu mereka untuk lari ke tempat yang memiliki ketinggian 20 meter," terangnya.

Mantan Kepala BPBD Jatim ini juga mengimbau kepada warga agar tidak menghilangkan pohon-pohon di sekitar kawasan yang rawan tsunami. Karena itu bisa membantu menahan arus air kalau bencana terjadi.

Selain itu, Suban mengatakan, di kawasan wisata pantai di selatan Jawa Timur rencananya akan dibuat shelter bagi para pengunjung. Nantinya, shelter tersebut berfungsi sebagai tempat berlindung pengunjung kawasan wisata di selatan Jawa Timur.

"Kita rencananya akan bangun shelter. Saat ini proses. Karena tanah di sekitar wisata itu kan kita harus tahu milik siapa. Apakah milik Perhutani atau bagaimana. Kita masih proses, akan buat shelter di kawasan-kawasan yang rawan itu. Minimal berketinggian 20 meter," jelasnya.

(fat/fat)