Makna No Urut 3 Paslon Pilbup Mojokerto, Angka Kemenangan hingga Simbol Romawi

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 09:00 WIB
Tiga paslon bupati dan wabup di kontestan Pilbup Mojokerto 2020
Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wabup kontestan Pilbup Mojokerto 2020 telah mengantongi nomor urut masing-masing. Mereka mempunyai makna dan kebanggan terhadap nomor urut yang diperoleh. Apa saja?

Melalui surat keputusan nomor 308/PL.02.3-Kpt/3516/KPU-Kab/IX/2020, KPU Kabupaten Mojokerto menetapkan 3 paslon sebagai kontestan Pilbup 2020 pada Rabu (23/9). Yakni pasangan Yoko Priyono-Choirun Nisa (Yoni), Ikfina Fahmawati-Muhammad Al Barra (Ikbar) dan pasangan Pungkasiadi-Titik Masudah (Mas Pung-Mba Titik).

Hari ini ketiga paslon bupati-wabup tersebut mengikuti pengundian nomor urut yang digelar KPU Kabupaten Mojokerto di salah satu hotel di Kecamatan Trawas. Melalui pengundian tersebut, pasangan Ikbar mendapatkan nomor urut 1. Disusul pasangan Yoni memperoleh nomor urut 2. Sedangkan nomor urut 3 dipegang pasangan Mas Pung-Mba Titik.

"Rapat pleno terbuka pengundian urut terhadap tiga paslon yang sudah kami tetapkan kemarin. Masing-masing paslon sudah mendapatkan nomor urut untuk digunakan pada masa kampanye termasuk nanti rancangan surat suara untuk pemungutan 9 Desember 2020," kata Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto Divisi Teknis Penyelenggaraan Akhmad Arief kepada wartawan di lokasi, Kamis (24/9/2020).

Rupanya masing-masing paslon mempunyai makna dan kebanggaan terhadap nomor urut yang mereka dapatkan. Pasangan Ikbar misalnya, menyebut angka 1 sebagai simbol kemenangan.

"Kami berdua mendapatkan nomor urut 1. Alhamdulillah semua ini karena Allah SWT. Mudah-mudahan ini merupakan petunjuk, penyemangat bagi kami berdua untuk bersatu menuju Mojokerto Satu (Bupati Mojokerto)," terang Ikfina.

Berpasangan dengan putra Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah, Ikfina berkomitmen menggelar kampanye dengan mematuhi protokol kesehatan. "Kami memahami itu (kampanye dengan protokol kesehatan), kami akan melaksanakan sesuai aturan dan pakta integritas yang kami sepakati bersama," ujar istri eks Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa ini.

Sementara pasangan Yoni yang mendapat nomor urut 2 mengaitkan dengan kekaisaran Romawi. Melalui angka 2, pasangan ini mengadopsi semboyan penguasa Romawi periode 49-44 sebelum masehi, Julius Caesar.

Selanjutnya
Halaman
1 2