Pemilik Menangis Saat Buaya 2 Meternya Dievakuasi Petugas

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 20:18 WIB
buaya di surabaya
Buaya yang dievakuasi (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Seekor buaya peliharaan warga Surabaya dievakuasi. Saat dievakuasi, pemilik buaya menangis.

Buaya itu milik M Puji Syaturi (18), warga Jalan Gresikan, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya. Buaya itu sendiri sudah dipelihara Puji selama 2 tahun.

"Ya jelas menangis. Karena dirawat sejak kecil," ujar Hadi Jatmiko (59), tetangga Puji kepada detikcom di Jalan Gresikan, Kamis (24/9/2020).

Evakuasi buaya jenis sepit itu membuat warga berkerumun. Mereka penasaran dengan evakuasi buaya yang juga disebut senyulong tersebut.

"Orang banyak datang ke sini, mulai dari RW, Kelurahan, habis Magrib atau sekitar jam 18.00 WIB. Jam 21.00 WIB buaya itu dibawa," kata Hadi Jatmiko kepada detikcom, Kamis (24/9/2020).

Hadi mengatakan yang ia tahu, buaya tersebut dipelihara Puji sejak kecil. Namun setelah itu, ia lama tidak melihat buaya tersebut. Tahu-tahu, ia melihat buaya itu sudah besar saat dievakuasi kemarin.

"Tahu-tahu sudah besar. Itu dirawat di belakang rumahnya, tembok semuanya, jadi bikinkan kolam gitu," kata Hadi.

Hadi menambahkan jika buaya peliharaan Puji tersebut tidak pernah keluar. Warga lain juga tidak tahu jika buaya tersebut sudah besar.

"Warga itu tahunya dua tiga hari kemarin. Tahu-tahu sudah besar. Baru warga bereaksi, kemudian ada yang melaporkan ke Command center 112. Binatang seperti itu kan harus ada surat-surat izinnya kan. Karena binatang seperti itu bisa besar," kata Hadi.

Hadi mengetahui langsung Puji sempat menangis saat petugas dari BPB Linmas Kota Surabaya mendatangi dan mengevakuasi buaya tersebut.

"Ya jelas menangis. Karena dirawat sejak kecil. Waktu memberikan makan dengan tangannya, langsung datang (buaya). Waktu buayanya masih kecil saya tahu, ayam dipotong diberikan langsung. Baru kemarin rame kaget kok sudah besar," tandas Hadi.

(iwd/iwd)