Pria di Banyuwangi Tipu 25 Orang Bermodal Foto Ulama

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 15:17 WIB
Seorang pria di Banyuwangi menipu 25 orang dengan total kerugian hingga belasan juta rupiah. Penipuan dilakukan dengan modal foto ulama.
Jumpa pers Polresta BanyuwangiFoto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Pria di Banyuwangi menipu 25 orang dengan total kerugian hingga belasan juta rupiah. Penipuan dilakukan dengan modal foto ulama.

Pelaku merupakan warga Probolinggo berinisial PS (27). Ia melakukan penipuan secara online. Ia memasang foto seorang ulama di media sosial.

"Terungkapnya kasus ini bermula dari laporan seorang warga Banyuwangi, yang melaporkan dua akun Facebook yang diduga telah mencemarkan nama baik seorang kiai asal Situbondo," kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifuddin, Kamis (24/9/2020).

Dalam modusnya, PS memiliki dua akun Facebook. Yakni Gus Malik Ibrohim dan Gus Ali Wafa Asegaf. Dengan dua akun tersebut, dia menawarkan berbagai layanan spiritual. Mulai dari ilmu putih, pesugihan, pelaris usaha, layanan mencari pasangan dan berbagai layanan klenik lainnya.

Kapolresta menambahkan, PS sengaja memasang foto seorang kiai terkenal dengan maksud para korban tertarik dan percaya untuk menggunakan jasa yang ditawarkan. "Jadi agar para korban percaya, pelaku mencatut foto seorang kiai di profil akun Facebook-nya," ungkap Kapolresta.

Korban yang percaya langsung mengkonsultasikan persoalannya kepada pelaku, melalui Facebook Messenger. Dari situ PS mulai melancarkan aksi penipuannya, seolah-olah memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi korban.

Selanjutnya
Halaman
1 2