Eri-Armuji dan Machfud-Mujiaman Ambil Nomor Urut Pilwali Surabaya Hari Ini

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 12:47 WIB
pengambilan nomor urut pilwali surabaya hari ini
Persiapan pengambilan nomor urut Pilwali Surabaya (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya -

Paslon Cawali-Cawawali Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno akan mengambil nomor urut kandidat Pilwali Surabaya hari ini. Pengambilan dilakukan di Hotel Singgasana Jalan Gunungsari.

Komisioner KPU Surabaya Divisi Hukum dan Pengawasan Soeprayitno mengatakan awalnya pengambilan nomor urut akan dilakukan di hall hotel. Namun setelah pihaknya berkoordinasi dengan Satgas COVID-19, dialihkan di luar hotel.

"Setelah koordinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Surabaya disarankan di tempat terbuka. Akhirnya tetap di areal Hotel Singgasana. Tapi di luar di sisi barat Hall Amerta, ada lahan kosong," ujar Soeprayitno saat dikonfirmasi, Kamis (24//9/2020).

Menurut Soeprayitno, selain Satgas COVID-19 Surabaya, pihak juga telah berkoordinasi dengan kepolisian dan Bawaslu. Ia menegaskan akan ada sanksi administrasi jika paslon yang melanggar protokol kesehatan.

"Pagi ini kami koordinasikan dengan kepolisian, Bawaslu dan Satgas COVID-19. Karena ada sanksi administrasi kalau protokol kesehatan terabaikan. Kami sebelumnya juga melayangkan undangan kepada dua kapolres dan kepala Bakesbangpol, pagi ini kami menindaklanjuti PKPU 13 itu," tambahnya.

Menurut Soeprayitno, pengambilan nomor urut sudah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) 13 tahun 2020, perubahan kedua PKPU 6 2020 tentang pelaksanaan pemilihan di era pandemi COVID-19. Dalam Pasal 55 pengundian nomor urut yang boleh hadir adalah kedua paslon, 1 orang penghubung masing masing paslon, 2 Anggota Bawaslu, dan 5 Komisioner KPU Surabaya.

Selanjutnya
Halaman
1 2