Usai Penetapan, Paslon di Banyuwangi Kini Dapat pengawalan Pribadi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 20:59 WIB
walpri paslon banyuwangi
Walpri paslon Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi telah ditetapkan. Setelah penetapan, para paslon akan mendapatkan fasilitas pengawalan pribadi (Walpri) dari Kepolisian.

Uniknya, ada 4 Polwan yang akan mengawal pasangan Cabup di Banyuwangi. Karena salah satu cabup adalah seorang wanita. Selain Paslon, Ketua KPU dan Bawaslu Banyuwangi juga akan mendapatkan fasilitas pengamanan yang sama.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin mengatakan para walpri sudah melaksanakan tugasnya memberikan pengawalan masing-masing Paslon Cabup dan Cawabup Banyuwangi.

"Begitu diumumkan (penetapan) semua Walpri langsung resmi bertugas dan melekat kepada Paslon maupun pada Ketua KPU dan Bawaslu," ungkap Arman kepada detikcom, Rabu (23/9/2020).

Personel Walpri tersebut juga disesuaikan dengan yang akan dikawal. Jika paslon perempuan, maka walpri yang bertugas juga perempuan. Selain itu, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dwi Anggraeni pun mendapatkan walpri Polwan.

"Karena salah satu calon dan Ketua KPU perempuan maka akan kita beri walpri Polwan. Meski perempuan mereka juga memiliki kemampuan dan kualifikasi khusus pengawalan," terangnya.

Masing-masing Paslon Cabup dan Cawabup akan mendapatkan pengawalan sebanyak tiga orang Walpri. Baik itu calon Bupati maupun calon Wakil Bupati. Pengawalan melekat ini akan dilakukan selama 24 jam. Para Walpri tersebut akan bertugas sampai calon terpilih resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi.

Arman menegaskan anggota Walpri yang ditugaskan selama Pilbup tersebut sudah melalui seleksi dan pelatihan khusus. Mereka memiliki kemampuan-kemampuan khusus untuk pengamanan para calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi itu. Mulai dari kemampuan bahasa, bela diri hingga kemampuan menembak.

"Mereka sudah dilatih secara khusus sehingga sudah punya kualifikasi kemampuan sebagai pengawal pribadi. Mereka juga kita bekali senjata api (senpi)," tegas Kapolresta.

Tidak hanya walpri bagi Paslon Cabup dan Cawabup saja. Ketua KPU dan Bawaslu Banyuwangi juga akan mendapatkan fasilitas pengamanan masing-masing sebanyak dua orang Walpri.

"Kantor KPU dan Bawaslu Banyuwangi juga mendapatkan pengamanan secara ketat dari aparat keamanan. Dijaga polisi dan TNI setiap hari selama 24 jam penuh," pungkasnya.

(iwd/iwd)