Awas! Ada 'Batman' Siap Memburu Warga Tak Bermasker di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 17:00 WIB
Berbagai upaya dilakukan petugas untuk mendisiplinkan masyarakat pada protokol kesehatan. Di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan, polisi memakai kostum Batman saat operasi.
Polisi memakai kostum Batman saat operasi di Kabupaten Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan -

Berbagai upaya dilakukan petugas untuk mendisiplinkan masyarakat pada protokol kesehatan. Di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan, polisi memakai kostum Batman saat operasi.

Petugas 'Batman' terjun ke pasar dan permukiman. Selain memberikan edukasi, petugas juga melakukan penindakan.

Di Pasar Sukorjeo, petugas berkostum Batman berkeliling dan blusukan mendatangi para pedagang. Sambil membawa poster 'Batman Vs COVID-19' petugas tersebut meminta pedagang dan pembeli tetap disiplin protokol kesehatan.

Sebagian besar pedagang dan pembeli di pasar tampak sudah mengenakan masker. Terlihat beberapa orang langsung membetulkan letak masker yang sebelumnya di dagu saat petugas datang.

'Batman' juga mendatangi lokasi permainan anak. Beberapa anak yang tak memakai masker diberi oleh 'Batman'.

"Selain penindakan kami juga lakukan edukasi. Di Pasar ini tadi ada beberapa orang yang kedapatan maskernya tak dipakai dengan benar. Tadi ada satu yang tak bawa masker, kami tindak," kata Kapolsek Sukorejo, AKP Ahmad Shukiyanto, Selasa (22/9/2020).

Shukiyanto sendiri yang memakai kostum Batman tersebut mengatakan, secara umum warga di tempat-tempat keramaian di Sukorejo sudah mengenakan masker. "Selain pasar, hari ini kami juga datangi permukiman. Kalau malam hari ke kafe-kafe," ungkapnya.

Petugas berkostum Batman akan terus disertakan dalam operasi disiplin protokol kesehatan. "Nanti bisa gantian anggota pakai kostum ini," pungkas Shukiyanto.

(sun/bdh)