Dituduh Punya Ilmu Santet, Pria di Banyuwangi Minta Disumpah Al-Qur'an

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 16:23 WIB
sumpah alquran
Asbollah menunjukkan surat sumpah Alquran (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Lantaran dituduh memiliki ilmu santet, seorang warga di Desa Watukebo Kecamatan Blimbingsari Banyuwangi, minta disumpah Al-Qur'an. Ironisnya, yang menuduh masih kerabatnya sendiri. Kasus itu pun berakhir setelah adanya mediasi oleh perangkat desa setempat.

Asbollah (55) mengaku takut dan malu setelah dituduh memiliki ilmu hitam. Apalagi yang menuduh istri dari adik kandungnya sendiri. Padahal, dirinya mengaku tak memiliki ilmu hitam itu.

"Saya dituduh memiliki ilmu santet dan membuat keponakan saya sakit. Kok bisa?" ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/9/2020).

Tuduhan itu muncul saat keponakannya mengalami sakit bengkak di kaki. Pengobatan medis pun dilakukan, namun tak kunjung sembuh. Hingga akhirnya, pengobatan alternatif pun ditempuh. Dari sinilah muncul isu dirinya memiliki ilmu santet. Sang dukun memberikan keterangan jika yang membuat sakit adalah orang dekat keluarga.

"Katanya sego mambu, jangan mambu (nasi basi, sayur basi) istilah orang sini katanya orang dekat. Lantas istri adik kandung saya bilang jika katanya dukun ada orang dekat yang menyantet keponakan saya. Lah kok tiba-tiba sya yang dituduh?" tanyanya heran.

Mendengar tuduhan tersebut, Asbollah kemudian melaporkan hal tersebut ke perangkat desa. Mediasi pun dilakukan dengan menghadirkan keluarga dan Ketua RT setempat.

Selanjutnya
Halaman
1 2