Ekskavasi Situs Candi Patakan Lamongan Tahap 4 Dimulai

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 13:30 WIB
Ekskavasi Situs Candi Patakan tahap 4 dimulai hari ini. Situs ini berada di Desa Patakan, Kecamatan Sambeng, Lamongan.
Ekskavasi Situs Candi Patakan tahap 4/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Ekskavasi Situs Candi Patakan tahap 4 dimulai hari ini. Situs ini berada di Desa Patakan, Kecamatan Sambeng, Lamongan.

Ekskavasi tahap 4 menargetkan bisa membuka bagian tengah, atau bangunan utama yang diperkirakan berasal dari masa Airlangga tersebut.

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, Mifta Alamuddin membenarkan, proses ekskavasi tahap 4 di Situs Candi Patakan dimulai hari ini. Menurut Mifta, proses ekskavasi rencananya akan berlangsung selama sepekan, dengan melibatkan tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan.

"Pelaksanaan ekskavasi tahap 4 Candi Patakan dibuka dengan pemotongan tumpeng dan doa bersama, agar proses ekskavasi berjalan lancar," kata Mifta pada wartawan, Senin (21/9/2020).

Mifta menambahkan, ekskavasi pertama terhadap situs ini dilakukan pada 2013. Ekskavasi kedua pada 2018 sementara ekskavasi ketiga pada 2019. "Target kami kegiatan ekskavasi ini tuntas tahun ini bisa terbuka maksimal," tuturnya.

Camat Sambeng Irsyad berharap, dengan dilanjutkannya proses ekskavasi tahap 4, situs Candi Patakan ini bisa menjadi destinasi wisata baru. Irsyad optimis Candi Patakan juga dapat menjadi ikon Lamongan.

"Patakan punya potensi untuk mengembangkan wisata ini. Saya yakin saatnya nanti akan jadi lokasi wisata andalan," kata Irsyad yang juga hadir dalam pembukaan ekskavasi tahap 4 Candi Patakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2